foto: kominfonews
foto: kominfonews

BENGKULU, PB – Wakil Gubernur Rohidin Mersyah meninjau pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2016. Di hari pertama pelaksanaan UN ini, Wagub mengunjungi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kota Bengkulu. Dalam kesempatan itu, ia berpesan kepada orangtua siswa untuk ikut berperan aktif agar anaknya bisa lulus.

“Tidak kalah penting adalah peran orangtua untuk mensupport moril anak-anak, dan menjaga kesehatannya selama 2-3 hari kedepan,” ujar Rohidin kepada media, Senin (4/4/2016).

(Baca juga: Jelang Ujian Nasional 2016, Mendikbud: Jujur Yang Utama)

Dia menerangkan secara keseluruhan Provinsi Bengkulu sudah siap untuk melaksanakan UN ini. Hal ini sebgaimana dilaporkan oleh pihak sekolah dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu Atisar Sulaiman. Ia berharap ujian pada tahun ini bisa berjalan dengan baik dan lancar.

“Sekarang kita menjaga situasi agar suasana peserta didik yang mengikuti ujian itu benar benar tenang dan aman, sehingga konsentrasi siswa bisa fokus mengerjakan ujian,” tambahnya.

Selain itu, Rohidin juga mengapresiasi beberapa sekolah yang sudah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Memang, kata dia, idealnya pelaksanaan ujian dilakukan secara online seperti itu. Karena itu, kedepan ia minta agar pelengkapan sarana dan prasaran komputer ini bisa terus ditingkatkan.

“Nanti kita akan komparasikan ujian menggunakan komputer dan secara manual sehingga kita bisa lihat hasilnya, mana yang lebih baik,” jelasnya.

Untuk diketahui, Kadis Diknas Provinsi Bengkulu Atisar Sulaiman turut hadir bersama wagub dalam inspeksi mendadak (sidak) ini. Di SMAN 1 Kota Bengkulu, mereka disambut langsung oleh kepala sekolah dan keseriusan 286 siswa SMAN yang berada di Lempuing ini dalam mengerjakan soal UN. [IC]