Mubes IKP-M XIIIBENGKULU, PB – Melalui forum musyawarah mufakat, Junaidi Gafar St Rajo Mudo kembali ditunjuk untuk memimpin organisasi Ikatan Keluarga Pandan Maninjau (IKP-M) periode jabatan 2016-2019. Junaidi merupakan incumbent yang selama ini memimpin organisasi primordial tempat kelahiran Pahlawan Nasional Indonesia Buya Hamka tersebut periode jabatan 2013-2016.

Data yang berhasil dihimpun, IKP-M menggelar Musyawarah Besar (Mubes) ke-II di kawasan Sungai Hitam Kelurahan Beringin Raya pada Sabtu (30/4/2016) dan Minggu (1/5/2016). Mubes ini mengangkat tema ‘Dengan Semangat Mubes ke-II IKM-P, Kita Tingkatkan Tali Silaturahmi Warga IKP yang Muda di Perantauan untuk Membangun Kampung Halaman’.

Ratusan kader IKM-P hadir dalam Mubes ini. Seluruh keputusan ini juga akan diadopsi oleh seluruh warga Pandan Maninjau yang tersebar di Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Kerinci Jambi, Kota Palembang dan Kota Lubuk Linggau Sumatera Selatan.

“Salah satu yang paling prinsip dibahas dalam Mubes ini adalah rencana Pulang Basamo yang akan digelar pada tahun 2017 mendatang,” kata Junaidi saat diwawancarai.

Beberapa program yang ditetapkan dalam agenda Pulang Basamo tersebut diantara membangun sarana dan prasarana fasilitas umum seperti sekolah, serta mengadakan berbagai kegiatan perlombaan dan hiburan.

IKP-M sendiri didirkan pada tahun 1978 oleh Abdul Gafar, Amiruddin dan Sabir St Mahmud. Selama ini, IKP-M menggelar berbagai kegiatan sosial untuk melestarikan adat istiadat Negeri Minangkabau seperti Kesenian Tambur dan lain-lain.

IKP-M secara rutin menggelar pengajian yang dihadiri oleh seluruh anggotanya. Disamping itu, IKP-M juga senantiasa bergotongroyong memberikan sumbangsih kurban kepada anggota dan warga masyarakat lainnya yang kurang mampu saat hari Raya Idul Adha. [RN]

Mubes IKP-M X Mubes IKP-M VIX Mubes IKP-M XVI Mubes IKP-M XV Mubes IKP-M XII Mubes IKP-M XI Mubes IKP-M VIII Mubes IKP-M VII Mubes IKP-M V Mubes IKP-M II Mubes IKP-M IV Mubes IKP-M III Mubes IKP-M I Mubes IKP-M VI