RosmayettiBENGKULU, PB – Kepala Dinas Pendidikan Kota, Rosmayetti mengatakan persiapan Ujian Nasional untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat sudah rampung dan siap digelar pada tanggal 9 Mei mendatang.

Untuk tingkat SMP/MTs/Program Paket B digelar pada bulai Mei, yaitu mulai tanggal 9 Mei sampai dengan 12 Mei 2016.

Jadwal UN SMP/MTs tahun pelajaran 2015/2016 adalah dimulai hari pertama, Senin 9 Mei 2016 akan diujikan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dan pada hari Selasa 10 April adalah pelajaran Matematika.

Sedangkan pada hari Rabu 11 Mei, materi soal UN adalah pelajaran bahasa Inggris. Sedangkan pada hari terakhir UN, Kamis 12 Mei materi soal ujian adalah materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

Baca juga: SMPN 1 BS, Satu-Satunya SMP Gelar Ujian Nasional Berbasis Komputer

“Dalam menghadapi pelaksanaan UN, maka kepalah sekolah sudah kita berikan sosialisasi tentang pelaksanaan ujian dan untuk pengamanannya menjadi tanggungjawab Polres Kota Bengkul,” kata Rosmayetti.

Di tahun sebelumnya, tingkat kelulusan tingkat SMP/MTS di Kota Bengkulu cukup tinggi mencapai 98,68 persen atau sebesar 5.976 siswa dari 6.056 siswa yang ada. Untuk tahun ini, pihaknya mnargetkan tingkat kelulusan lebih tinggi dibadingkan tahun sebelumnya.

“Tahun ini memang tidak berharap tingkat kelulusan lebih tinggi, tapi yang terpenting yang perlu ditekankan adalah meningkatkan integritasnya (penyelenggaraan UN-red),” ujar Rosmayetti baru-baru ini.

Para peserta ujian nasional, kata Rosmayetti, sebaiknya belajar dengan keras. Sebab, mereka hanya punya beberapa hari sebelum ujian nasional dimulai dan yang penting cukup dalam istirahat. Baca juga: Soal Dikawal Polda, Bengkulu Siap Selenggarakan UN SMP

“Pastikan malam sebelum ujian, tidur yang cukup. Jadi minggu siang mulai istirahat. Malam tidur delapan jam. Jangan malam dikebut (belajar),” ujarnya.

Saat dikonfirmasi pedomanbengkulu.com terkait kesiapan sekolah menyelenggaran UN Berbasis Kompurer (UNBK), pihaknya mengatakan pengajuan beberapa sekolah seperti SMPN 2, SMPN 4, dan SMP 5 Kota Bengkulu telah dilakukan tetapi belum memenuhi syarat.

“Yang baru memenuhi sertifikasi UNBK baru SMP Negeri 1 Kota Bengkulu, baik sarana dan prasarana, serta laboratoriumnya,” ungkap Rosmayetti.

Lanjutnya, untuk tahun ini telah dilakukan pemetaan. Dan untuk pengusulan sekolah di tahun 2016-2017, insyAllah tahun depan dapat terlaksana UN SMP/MTs berbasis komputer. (bis/Yayuk intan).