Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

BPMPT Sosialisasi Lewat Komik

izin usahaBENGKULU TENGAH, PB - Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMPT) kabupaten Benteng agaknya serius mengenalkan badan perizinan usaha itu kepada masyarakat. Badan itu sudah mengonsep sosialiasi perizinan melalui media komik. Dan dalam waktu yang tidak lama komik itu akan diluncurkan ke tengah-tengah masyarakat.

"Komik ini salah satu media sosialisasi BPMPT bekerjasama dengan pihak ketiga yang membuat desain. Rencananya akan disebarkankan kepada masyarakat melalui kantor desa," ungkap Kepala BPMPT Endang Sumantri, SH, melalui bidang pelayanan M Yudi, SE kepada Pedoman Bengkulu baru-baru ini di Karang Tinggi.

Komik ini jelas Yudi, berisi dialog bupati dengan salah seorang masyarakat yang bertanya perihal perizinan usaha di kabupaten Benteng. Komik di awali dengan promo Bupati Ferry Ramli yang memberi tahu bahwa membuat perizinan usaha itu mudah.

Selanjutnya dialog langsung memaparkan perihal izin yang diberikan dan syarat serta kemudahan lain yang ditawarkan BPMPT. Komik juga berisi dialog masyarakat dan petugas BPNPT yang menjelaskan seputar perizinan yang dikelola BPMPT kabupaten Benteng.

"Kami akan sosialisasi ke kecamatan-kecamatan, komik ini turut serta dibagikan gratis kepada masyarakat. Saat ini jumlah komik yang akan diproduksi masih terbatas, sekitar 500 eksemplar. Keluarnya komik ini juga karena sudah banyak antusiasisme masyarakat yang ingin mengurus izin usaha, jadi kami dorong untuk lebih mudah informasi dan pengurusannya," papar Yudi.

Komik ini tambah Yudi, berukuran agak besar dibanding komik umum, yakni berukuran A2, seukuran tabloid. Komik akan menjadi inventarisasi desa di mana informasi akan disebarluaskan oleh desa atau kecamatan. Rencananya, penyebaran komik akan berlangsung 2 bulan. Selepas itu tidak ada lagi rencana penambahan jumlah komik.

"2 bulan nanti akan disebarkan kepada masyarakat, jangka panjangnya belum, baru sebatas cetak baru (perdana). Meski singkat adanya komik izin usaha ini kami berharap masyarakat investor (pengusaha) dapat mengerti dan paham dengan syarat dan perihal perizinan usaha di kabupaten Benteng," ungkap Yudi.

Kepala Bidang Pelayanan Perizinan dan Pelaporan M Hasyim mengungkapkan jenis usaha masyarakat yang dominan berkembang di Bengkulu Tengah adalah jenis usaha warung manisan, selebihnya jenis usaha lain bengkel, warung makan, hotel, dan usaha steam.

"Gak banyak, umumnya warga Benteng usaha warung manisan, selebihnya ya usaha-usaha lain seperti bengkel, rumah makan, dan usaha steam kendaraan," ungkap Hasyim. (Dedy Irawan)