RLREJANG LEBONG, PB – Secara tegas, Wakil Bupati Rejang Lebong, H Iqbal Bastari mengingatkan kepada seluruh Kepala Sekolah yang ada di Rejang Lebong agar selalu berbuat jujur atau tidak curang dalam prosesi Penerimaan Siswa Baru (PSB) tahun ajaran 2016-2017 ini.

Baca juga: Gusnan: Terbukti Ada Sogok Penerimaan Siswa Baru, Kepsek Dicopot

Iqbal mengecam, jika ada Kep[ala SEkolah yang curang langsung akan direkomendasikan untuk lengser dari jabatannya. “Kalau sudah berulang kali saya ingatkan ternyata masih ada juga yang ketahuan, maka saya akan langsung beri rekomendasi kepada BKD kita untuk menurunkan jabatannya,” ujar Iqbal.

Terlebih lagi, sambung Iqbal, jika ada terbukti kepala sekolah yang ‘jual bangku’ agar siswa bisa masuk ke sekolah yang dia pimpin.

“Banyak modus yang sering terjadi. Misal, kuota satu kelas hanya 40 orang. Agar siswa itu bisa masuk, maka si kepala sekolah meminta sejumlah uang kepada orang tua murid dengan alasan untuk membeli bangku,” ujar Iqbal.

Hanya saja, sambung Iqbal, dalam penerimaan siswa baru, pihak sekolah juga harus tetap mempertimbangkan jarak tempuh siswa dari rumah menuju sekolah, faktor lingkungan tempat tinggal dan lain-lain.

“Peringatan ini berlaku untuk semua warga, tidak terkecuali pejabat. Jika ada pejabat yang maksa untuk memasukkan anaknya ke sekolah tertentu padahal nilainya tidak cukup, maka pejabat itu juga akan saya lengserkan,” ujar Iqbal. (Ifan)