Salah satu warga yang menunjuk kondisi kampungnya tanpa sentuhan pembangunan
Salah satu warga yang menunjuk kondisi kampungnya tanpa sentuhan pembangunan

BENGKULU SELATAN, PB – Pembangunan di Desa Ketaping Kecamatan Manna dinilai warga setempat belum merata. Dari jumlah lima dusun yang ada di Desa Ketaping, Kecamatan Manna, pembangunannya selama ini dianggap belum merata di seluruh dusun. Khususnya di tiga dusun, yakni Dusun Talang Tinggi, Tanjung Kurung dan Dusun Lakaran.

Dijelaskan Kepala Dusun Tanjung Kurung Badri, rencana pemekaran Desa Tanjung Kurung dari Desa Ketaping sebenarnya telah berapa kali diusulkan. Namun mengalami beberapa kendala.

Namun, pada tahun 2016 ini keinginan warga kembai mencuat. Apalagi, menurut Badri, Kepala Desa (Kades) Ketaping telah memberi sinyal dukungan atas rencana pemekaran desa tersebut.

“Desa Ketaping ini jumlah KK-nya mencapai 800-an lebih dengan mata pilih mencapai 1500 lebih. Sehingga, secara administrasi syaratnya telah terpenuhi,” terang Badri.

Sambung Badri, saat ini usulan pemekaran tersebut didukung oleh warga setempat termasuk Kepala Desa. Sehingga, menurutnya dalam waktu dekat ini pihaknya akan mengajukan usulan tertulis kepada pemerintah daerah.

“Nanti akan kita lakukan musyawarah terlebih dahulu, nanti juga akan dibahas apa nama desa yang diusulkan akan mekar ini. Selanjutnya akan kita buatkan usulan tertulis,” demikian Badri. (Apdian Utama)