WASPADA GELOMBANG TINGGI
Ilustrasi

BENGKULU, PB- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas A Fatmawati melarang nelayan untuk melaut.

Pasalnya, lembaga tersebut merilis gelombang laut dalam keadaan yang tidak nomal karena dipengaruhi oleh kecepatan angin di perairan Bengkulu – Enggano dan Samudera Hindia Barat Bengkulu.

Dalam tiga hari kedepan gelombang laut diperkirakan mencapai 3 hingga 4 meter dan kecepatan angin yang bertiup berdampak pada meningkatnya aktivitas angin di perairan Bengkulu.

“Kita himbau para nelayan untuk tidak melaut sebab gelombang saat ini memang cukup tinggi sehingga membahayakan para nelayan” kata Prakirawan BMKG Kelas A Fatmawati, Haris Syahid, di Kantornya, Sabtu (13/08/2016).

Selain itu, intensitas hujan sedang juga terus terjadi disertai dengan angin kencang akan terus terjadi dalam waktu yang cukup lama , untuk itu kepada seluruh warga untuk lebih hati-hati dan bagi warga yang ingin melintasi pegunungan agar lebih waspada terjadinya longsor.

“kalau hujan diperkirakan dalam beberapa hari kedepan memang saat masih terus akan terjadi, namun dengan intensitas sedang tidak begitu membahayakan namun hujan nantinya di perkirakan akan cukup lama,” ucapnya.

Dikutip dari laman resminya, pada tanggal 13 August 2016, gelombang di perairan Bengkulu – Enggano dan Samudera Hindia Barat Bengkulu akan berada pada 1 sampai dengan 3,5 meter tingginya. Sementara pada 14 August 2016, gelombang di perairan tersebut akan berada pada 2 hingga 3,5 meter.

Tak hanya itu, BMKG juga mengeluarkan peringatan terkait hujan intensitas sedang hingga lebat yang akan mengguyur wilayah Bengkulu. Pasalnya, hujan intensitas sedang hingga lebat tersebut akan disertai dengan petir dan angin kencang.

Adanya belokan angin di Selat Karimata hingga Laut Seram turut membuat kelembaban udara menjadi tinggi di sebagian besar wilayah di Indonesia. Kondisi inilah yang mendukung proses pertumbuhan awan hujan.

Untuk Bengkulu bukan tidak mungkin, sesuai prakiraan BMKG, berpotensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang atau puting beliung.

Sementara cuaca esok, diperkirakan 5 wilayah yakni Arga Makmur, Curup, Mukomuko, Tubei dan Kepahiang akan diguyur hujan dengan intensitas lebat. Manna dan Bintuhan akan diguyur hujan intensitas sedang. Sedangkan sisanya, yakni Bengkulu dan Tais akan diguyur hujan intensitas ringan. [Nurul]