dir2BENGKULU SELATAN – Sejak tahun 2013 hingga 2016 ini sebanyak 1.039 rumah tidak layani huni di Bengkulu Selatan mendapatkan program bedah rumah. Baik yang dibiayai dari dana APBD maupun APBN.

Baca juga: Kades Gedung Agung Usulkan 104 Warganya Ikut Program Bedah Rumah. dan Rumah 4X6 Dihuni 6 Orang, Janda Ini Berharap Program Bedah Rumah

Rinciannya, pada tahun 2013 sebanyak 88 unit yang tersebar di empat desa di Kecamatan Manna. 2014 sebanyak 420 unit yang tersebar di sembilan desa di Kecamatan Pino dan Pino Raya. 2015 sebanyak 85 unit di empat desa dalam Kecamatan Manna. Sedangkan pada tahun 2016 ini sebanyak 446 unit.

Hal tersebut diungkapkan oleh Plt Kepala Dinas PU Kabupaten Bengkulu Selatan Iskandar pada acara launching dan serah terima buku rekening program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) tahun 2016, Selasa (30/8)/16 bertempat di gedung Reptaloka Pemda Bengkulu Selatan (BS) diadakan.

Dijelaskan Iskandar, dari 446 unit tersebut, sebanyak 50 unit bantuan perumahan layak huni yang didanai melalui APBD untuk masyarakat kecamatan Kota Manna dan Kecamatan Pasar Manna. Sedangkan 396 unit yang didanai melalui APBN untuk masyarakat kecamatan Pino Raya dan Kecamatan Kedurang.

Sementara itu, bupati BS Dirwan Mahmud pada kesempatan itu meminta kepada Kepala desa dan camat agar turut serta mensuksekan program bedah rumah tersebut.

“Harapan kita semua kedepan nanti tidak ada lagi masyarakat Bengkulu Selatan (BS) yang rumahnya tidak layak huni lagi. Setiap tahun ini akan kita anggarkan,” pungkas Dirwan.

Selain Bupati BS Dirwan Mahmud, turut hadir pula pada acara tersebut Kepala Kejaksaan Negeri Bengkulu Selatan Rohayatie, Plt Kepala Dinas PU Iskandar, satuan kerja Perangkat Daerah (SKPD), Camat, Kepala Desa dan ratusan masyarakat penerima BSPS. (Apdian Utama)