sekdes-temukan-binatang-langka-2REJANG LEBONG, PB – Warga Desa Duku Ilir Kecamatan Curup Timur, sejak Jumat sore (21/10/2016) mendadak heboh. Pasalnya salah satu warga secara tak sengaja menemukan binatang langka yang dilindungi jenis kukang saat sedang berkebun di kawasan Kelurahan Simpang Nangka Kecamatan Selupu Rejang.

Hingga saat ini, binatang tersebut di pelihara dirumah Anizar (29) Sekretaris Desa Duku Ilir dan menjadi tontonan warga dari desa setempat maupun luar desa tersebut.

“Yang menemukan binatang ini yaitu orang tua saya, pak Aladin. Waktu itu, ayah saya ini sedang membersihkan batang joar di kebunnya. Secara tak sengaja melihat binatang ini dan berhasil menangkapnya. Lalu dibawa pulang kerumah saya,” ujar Anizar saat ditemui dikediamannya, Sabtu pagi (22/10/2016).

Dikatakan Anizar, mulanya dirinya tidak tahu apa jenis binatang aneh tersebut. Namun, setelah mengecek di internet, barulah dirinya tahu jika binatang itu berjenis kukang.

“Saat baru tiba dirumah dibawa oleh ayah saya sudah banyak warga yang datang dan melihat binatang ini. Ada yang bilang jika nama binatang ini beruk bambu ada juga yang bilang kukang. Jadi saya pastikan melalui internet ternyata jenis binatang ini kukang yang sudah langka dan dilindungi oleh negara keberadaannya,” ujar Anizar.

Hingga saat ini, sambung Anizar, keberadaan kukang itu terus menjadi perhatian warga yang beramai-ramai datang hanya untuk melihat dan mendokumentasikannya.

“Karena informasinya binatang ini langka, maka saya menunggu petunjuk dari pemerintah daerah atau aparat hukum untuk menindaklanjutinya. Jika harus diserahkan ke lembaga tertentu maka akan saya serahkan. Jika memang harus di lepas kembali maka akan saya lepas kembali. Hanya saja tidak akan saya jual pak,” ujar Anizar. [ifan]