bengkulu-expoBENGKULU, PB – Ajang tahunan Bengkulu Expo kembali digelar. Seperti biasa, kegiatan yang dihelat di Sport Centre Pantai Panjang Bengkulu ini dimeriahkan oleh bazar dengan total 89 stan.

Ke-89 stan tersebut terdiri dari 32 stan dari UKM Provinsi Bengkulu, 12 stan dari pemerintah kota/kabupaten Bengkulu, 5 stan dari kementerian/lembaga, 7 stan dari pemprov, 10 stan dari BUMN, BUMD, dan mitra binaan.

Selanjutnya 13 stan dari pelaku industri pariwisata, 1 stan dari pengusaha PLTU, 6 stan dari berbagai asosiasi, 4 stan dari perusahaan perbankan. Lalu, pasar rakyat yang terdiri dari 30 stan yang diikuti oleh 90 UKM dari Bengkulu.

Menteri Koperasi dan UKM Agung Gede Ngurah Puspayoga yang membuka acara ini secara resmi berharap kegiatan ini diharapkan dapat menjadi ajang pemasaran pariwisata Bengkulu. Terutama dalam membangun kesadaran masyarakat setempat.

“Kalau sekadar membangun infrastruktur bisa diselesaikan dalam beberapa bulan asal punya uang, tetapi membangun karakter masyarakat ini perlu waktu,” ungkapnya, saat menyampaikan kata sambutan, di Sport Centre Pantai Bengkulu, KamisĀ (17/11/2016).

Dia juga berpesan agar pemerintah Bengkulu bisa mengimbangi pembangunan pariwisata dengan pembangunan ekonomi kreatif. Dengan demikian, pelancong tidak hanya disuguhi keindahan alam tapi juga budaya dan kuliner serta kerajinan khas Bengkulu.

“Dengan begini, para turis tidak kapok untuk datang kembali ke Bengkulu,” kata dia.

Sebelumnya, Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti mengatakan event ini merupakan batu lompatan awal untuk menuju realisasi program pariwisata Wonderful Bengkulu pada 2020. Ia berharap mampu menembus total transaksi senilai minimal Rp500 miliar dalam event ini.

“Expo ini adalah acara rutin, tapi tahun ini harus lebih baik dibanding sebelumnya. Kita juga menggandeng 5 provinsi tetangga, yakni Sumatra Selatan, Sumbatera Barat, Sumatera Utara, Jambi, dan Bangka Belitung,” paparnya.

Dia berharap agar sinergitas tersebut dapat lebih membuka peluang bagi Bengkulu untuk menggaet investasi. Sehingga, dalam 3 tahun ke depan perekonomian Bengkulu dapat disejajarkan dengan provinsi-provinsi lain yang telah maju di Indonesia.

“Tujuan expo ini untuk mempromosikan UKM, meningkatkan kecintaan dan peningkatan daya saing produk-produk lokal dari Bengkulu dan mengenalkan pariwisata Bengkulu,” kata dia. [GP]