antarafoto-stok-beras-bulog-untuk-lebaran-090616-af-2-resizeBENGKULU, PB – Menghadapi Natal dan Tahun Baru 2017, Bulog Divisi Regional (Divre) Bengkulu menyiapkan stok beras sebanyak 12.000 ton beras. Dengan stok beras tersebut Bulog memastikan stok beras masyarakat Bengkulu tersedia cukup dan aman.

“Khusus persediaan Beras yang tersimpan di Gudang Bulog, yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten dan Kota, saat ini mencapai 12000 ton, akan mencukupi untuk 7 bulan kedepan. Sedangkan untuk Gula masih ada sekitar 300 ton,” kata Kepala Bulog Divre Bengkulu Subali Agung Gunawan, ketika menyikapi persediaan Beras dan Gula di akhir tahun 2016 untuk masyarakat Bengkulu baru-baru ini.

Menurut Subali Agung, dengan persediaan Beras yang mencapai 12.000 ton dan Gula sebanyak 300 ton tersebut, bersifat aktif. Artinya, apabila terjadi kekurangan dalam evaluasi pertiga bulan sekali, pihaknya bisa langsung meminta ke Bulog daerah lain yang mengalami surplus Beras dan Gula.

“Khusus untuk persediaan Beras sebanyak 12.000 ton tersebut, berasal dari pengadaan lokal tahun ini sudah mencapai 10 ribu ton. Sehingga yang untuk 2.000 ton lagi merupakan cadangan stok tahun lalu, dan memang direncanakan akan ada penambahan lagi dari luar. Tetapi, kita masih melakukan penundaan, karena persediaan yang ada sekarang masih cukup aman,” terangnya.

Lebih jauh dijelaskan Subali, persediaan Beras sebanyak 12 ribu ton itu diperuntukan untuk Raskin yang setiap bulannya mencapai 1.800 ton atau selama satu tahun sekitar 22 ribu ton.

Kemudian, untuk golongan anggaran beberapa instansi masih mengambil dari Bulog Bengkulu. Lalu persiapan bencana alam, termasuk juga untuk Transmigrasi.

“Kita mengimbau masyarakat Provinsi Bengkulu untuk tidak perlu kawatir, mengingat persediaan Beras dan Gula dijamin aman, apalagi saat ini pihaknya juga terus gencar melakukan penjualan Beras, Gula, Minyak Goreng dan Bawang Merah serta Bawang Putih, dibawah harga pasar, yang di Kota Bengkulu dipusatkan pada tiga tempat, yaitu di depan rumah kantor, Gudang dan Rumah Dinas Bulog Bengkulu,” tandasnya. [MS]