longsor-mendera-suban-air-panas-1REJANG LEBONG, PB – Cuaca ekstrim yang terus melanda kabupaten Rejang Lebong sejak sepekan terakhir memberikan dampak negatif. Selain sejumlah ruas jalan wilayah perkotaan mengalami banjir dadakan, guyuran hujan lebat juga meneyebabkan longsor di 3 titik lokasi objek wisata suban air panas yang berada di kecamatan Curup Timur.

Diantaranya, tebing curam setinggi 12 meter yang berada di titik lokasi kolam renang Suban longsor. Tebing tepi jalan lokasi parkiran suban serta pelapis tebing sepanjang 7 meter dengan tinggi 12 meter yang berada di jalan masuk lokasi wisata juga longsor masuk ke dalam aliran sungai yang berada di bawahnya.

“Pelapis tebing ini padahal baru dibuat akhir tahun 2015 lalu. Tetapi sudah ambrol akibat hujan deras,” ujar Gunawan (39) Pengelola Suban Air Panas Curup saat ditemui, Rabu (23/11/2016).

Diceritakan Gunawan, akibat longsor, akses masuk ke dalam lokasi suban sempat lumpuh totol lantaran material tanah menutupi badan jalan bersama dengan tunggul rumpun bambu.

“Itu lokasinya di dekat parkiran lokasi suban. Kendaraan tidak bisa melintas. Kami secara gotong royong membersihkannya pak,” ujar Gunawan.longsor-mendera-suban-air-panas-2

Dibagian lain, Gunawan meminta agar kondisi ini segera diantisipasi oleh pemerintah daerah. Sebab, jika dibiarkan akan menelan korban jiwa. Lokasi Suban merupakan salah satu penyumbang PAD terbesar dari sektor pariwisata di Rejang Lebong.

“Lihat saja pak, longsor yang ada di atas lokasi kolam renang. Ada bangunan komedi putar yang siap longsor ke dalam jurang jika dibiarkan. Ini akan sangat membahayakan bagi kita pak,” ujar Gunawan. [Ifan]