BENGKULU SELATAN, PB – Jika Pelabuhan di Pantai Mengkudum Desa Pasar Pino Kecamatan Pino Raya benar-benar terealisasi, maka Kabupaten Bengkulu Selatan akan memiliki jalur transportasi Manna-Pulau Enggano.

Pasalnya, Pantai Mengkudum ini dirancang sebagai pelabuhan ASDP (Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan).

Untuk itu, Selasa (28/2/17) Wakil Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Waki Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi, Kepala Dinas Perhubungan Propinsi Bengkulu Budi Djatmiko, Camat Pino Raya Effredi Gunawan serta ikut hadir Kapolsek Pino Raya meninjau calon lokasi pelabuhan tersebut.

“Di Pantai Mengkudum Muara Pino, tadi menemani Wakil Gubernur meninjau Calon Lokasi Pelabuhan ASDP Manna-Enggano-Manna,” singkat Wakil Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi.

Senada dengan Wabup, Camat Pino Raya Effredi Gunawan mengatakan bahwa saat ini Muara Pino sudah direncanakan sebagai Pelabuhan nelayan, namun ke depannya akan direncanakan dijadikan pelabuhan ASDP.

“Tadi hanya meninjau lokasi saja. Sekarang ini memang baru direncanakan akan dibangun pelabuhan nelayan terlebih dahulu. Namun ke depannya sangat memungkinkan akan ditingkatkan menjadi pelabuhan permanen yang akan didanani oleh APBN. Dan dipilihnya lokasi Pantai Mengkudum Pino Raya ini karena memang lokasinya bagus,” tutup Camat. (Apd/Bis)