BENGKULU, PB – Program Walikota Bengkulu H Helmi Hasan Bengkuluku Bersih, Indah, Sejuk, Aman (BISA) diwujudkan dengan melibatkan masyarakat Kota Bengkulu yang digerakkan mulai dari kelurahan dan setiap kecamatan. Seperti sejumlah warga di Gang Setia, Kelurahan Sumber Jaya, Kecamatan Kampung Melayu, Jumat (31/3) pagi tadi, mereka dengan kompaknya menata dan menjaga kebersihan di lingkungan mereka tinggal.

Sebelum melakukan gotong-royong kebersihan lingkungan yang digelar setiap hari jumat, masyarakat Gang Setia menggelar senam jantung sehat bersama Sekretaris Daerah Kota Bengkulu dan Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) sebagai wujud dari Gerakan Masyarakat Sehat.

Di sela-sela kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Bengkulu Marjon yang diwawancarai mengharapkan agar kecamatan yang lain juga melakukan hal yang sama. Menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan mereka.

“Peran masyarakat sangat tinggi di sini, sampai mereka membersihkan lingkungan dan membuat jalan, lampu-lampu itu mereka swadana sendiri. Peran kebersamaan inilah yang penting di dalam masyarakat,” kata Marjon.

Selain itu, lanjut Marjon, Camat dan Lurah juga harus selalu mampu menggali kearifan-kearifan lokal yang ada di wilayah administratifnya.

“Ketika semua ini kita lakukan dengan baik. Maka kita sangat mudah menbentuk Kota Bengkulu yang Bersih, Indah, Sejuk, Aman,” tutupnya. (Rilis/Media Center Kominfo Kota Bengkulu)