BENGKULU, PB – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Bengkulu Mengeluhkan pelayanan listrik PLN area Bengkulu. Pasalnya, PLN sering memadamkan listrik secara bergilir. Terputusnya aliran listrik membuat pelayanan PDAM Kota Bengkulu menjadi terganggu.

“Kami datang untuk menyampaikan keluhan dan kami ingin mendapat layanan lebih baik. karena keberhasilan PDAM tidak lepas dari peran PLN,” kata Direktur PDAM Kota, Sjobirin Hasan saat datang mengunjungi kantor PLN area Bengkulu di Jalan Prof Hazairin, Teluk Segara, Kota Bengkulu, Senin (10/4).

Untuk itu, kata Sjobirin, agar pelayanan PDAM Kota Bengkulu tidak terganggu, maka sebisa mungkin PLN tidak mematikan jaringan listrik milik PDAM. Selain itu, Sjobirin berharap PDAM mendapat layanan khusus agar tidak mengganggu pelayanan.

“Kami minta bila pasokan listrik dikurangi maka PDAM jangan dipadamkan. Kemudian kami minta diberikan jaringan secara khusus supaya bisa memberikan pelayanan maksimal,” lanjutnya.

Menanggapi hal itu, Asisten Manajer Perencanaan PLN Area Bengkulu, Nurhadiyanto, mengaku sudah memberikan pelayanan terbaik kepada semua pelanggan.

Namun, karena PLN sedang melakukan perbaikan maka ada kebijakan pemadaman bergilir.

Selain itu, cuaca ekstrim beberapa hari ini juga menjadi penyebab pemadaman listrik disejumlah titik dalam Kota Bengkulu.

“Sebenarnya PLN sudah maksimal, tapi karena ada peralatan utama yang diganti maka dilakukan pemadaman, untuk itu kami mohon maaf. Tapi kalau pemadaman karena cuaca badai itu sudah diluar keinginan kami,” ungkap Anto, sapaan akrabnya.

Untuk jaringan khusus yang diminta oleh PDAM, kata Anto, masih akan dipertimbangkan. Sebab, kata dia, untuk pengadaan jalur khusus membutuhkan anggaran besar. Untuk sementara PLN sedang fokus menyelesaikan pembangunan gardu induk di wilayah Sebakul.

“Kami butuh investasi miliaran pembuatan jalur khusus. Semoga Gardu Induk kedua di wilayah Sebakul bisa beroperasi dengan cepat,” imbuhnya.

Seperti diketahui, belakangan ini pelanggan PDAM Kota Bengkulu mengeluh karena terhentinya suplai air. Macetnya distribusi air kepada pelanggan disebabkan pompa air milik PDAM Kota tidak berfungsi. Dari 13 Pom air hanya 2 yang bisa difungsikan menggunakan mesin genset. [Media Center Kominfo Kota Bengkulu]