Bengkulu merupakan kota pesisir yang oleh Inggris dikenal dengan nama Bencoolen. Bencoolen/coolen yang berasal dari bahasa Inggris ‘’cut land’’ yang berarti tanah patah, wilayah ini merupakan patahan gempa yang paling aktif di dunia.

Bengkulu berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Pariwisatanya lengkap. Wisata alam, sejarah, budaya, hingga kuliner. Inggris memiliki peninggalan paling bersejarah di Bengkulu, yakni Fort Malborough, yang mereka bangun tahun 1713 untuk menampung pasukannya.

Lain dari itu ada Tugu Hamilton di Jalan Soekarno-Hatta. Dibangun untuk memperingati kekalahan Inggris di Bengkulu. Tak jauh dari tempat ini ada makam-makam orang Inggris.

Kuatnya pengaruh kolonial merasuk hingga ke penamaan bunga padma raksasa yang banyak di temukan di Bengkulu. Namanya Bunga Rafflesia. Meski warga Bengkulu telah mengenalnya sebagai Bunga Sekedei, namun karena dipopulerkan melalui risetnya, bunga itu dilekatkan dengan nama Thomas Stanford Raffles, sang penguasa kolonial yang terkenal.

Yang paling masyhur dari semua tentang Bengkulu adalah Pantai Panjang. Dengan panjangnya yang mencapai 7 kilometer, pantai ini memiliki pesona yang indah pasir putih yang luas, ombak pantai yang indah dan pohon cemara menghiasinya. Tempat yang paling menawan untuk mengisi liburan.

Sejumlah fasilitas ada di Pantai Panjang. Mulai dari jogging track, tempat bersepeda, lapangan volly hingga basket. Ombak di pantai ini cocok juga untuk surfing. Banyak orang yang berkunjung mengatakan, Pantai Panjang jauh lebih indah dari pantai-pantai lainnya di Indonesia, bahkan daripada Bali.

Butiran pasir putih yang membentang sepanjang pantai dapat dinikmati dengan kuda delman yang tarifnya terjangkau. Di sepanjang bibir pantai terdapat area parkir yang luas, hotel, restoran, kolam renang, cottage, minimarket, caffe, dan sebagainya.

Makanan khas seperti ikan pais juga ada. Menu favorit masyarakat setempat adalah jagung bakar dan kelapa muda. Menu yang paling sering dicari adalah bakso dan mie ayam terbanyak di banyak titik strategis di Pantai Panjang. Sebuah plakat bertuliskan Pantai Panjang menjadi tempat yang paling sering digunakan untuk berselfie ria.

Di malam hari, Sport Center Pantai Panjang sering menjadi panggung konser artis ternama. Sebuah sepeda rakitan berhiaskan lampu warna-warni dengan beragam bentuk seperti bebek cocok buat menghabiskan malam di Pantai Panjang.

Tak kalah dari Pantai Panjang, ada juga Pantai Teluk Sepang, Pantai Bajak, Pantai Zakat, Tapak Padri dan masih banyak pantai-pantai lain di Bengkulu. Semuanya menyajikan pasir putih, kesejukan, kerindangan pohon cemara dan pinus, serta deru ombak Samudera Hindia yang cukup besar untuk berselancar. [Alif/Chindy Yulia/Komunitas Ayo Menulis Bengkulu]