BENGKULU, PB – Tiga penulis asal Bengkulu layak mendapat apresiasi atas karya-karyanya dalam bidang menulis, pasalnya buku karya mereka berhasil terpilih menjadi bahan bacaan untuk gerakan literasi nasional yang diadakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Ketiganya adalah, 1.  Elvi Ansori dengan judul buku “Petualangan Ratih Berburu Kuliner Khas Bengkulu” 2. Ahmad Khoirus Salim dengan judul buku “Markas Rumah Pohon”  3.  Ira Diana dengan judul buku “Masakan Bumi Raflesia”. Buku ketiga penulis tersebut akan segera diterbitkan bersama dengan 117 buku lainnya yang juga terpilih.

Berhasil menembuskan buku ke kancah nasional, ketiga penulis ini berharap karya-karya berlatar belakang lokal Bengkulu tersebut semakin mengenalkan Provinsi Bengkulu, apalagi buku karya mereka rencananya akan dicetak secara besar-besaran dan disebar ke seluruh Sekolah Dasar (SD) dan Taman Baca Masyarakat (TBM) diseluruh Nusantara.

Karya penulis Bengkulu ini terbilang membanggakan disaat rendahnya minat baca masyarakat Indonesia. Menurut survey minat baca masyarakat Indonesia berada dideretan buncit dengan minat baca sangat rendah yakni, peringkat 60 dari 61 negara.

Diharapkan, dengan bermunculannya buku-buku baru  karya penulis Bengkulu dalam gerakan literasi di Indonesia akan menambah khasanah bacaan masyarakat. Dan tentu tetap dalam semangat memancu minat dan gairah membaca generasi muda Indonesia.

“Semoga dengan menasionalnya buku karya penulis Bengkulu seperti kami ini dapat menjadi inspirasi dan pemacu semangat generasi muda Bengkulu untuk aktif menulis,” singkat Penulis Bengkulu, Elvi Ansori, Selasa (23/5).  [Ms]