JAKARTA, PB – Kirab Pemuda Nusantara 2017 mulai dilaksanakan dari Pulau Miangas, Sulawesi Utara, yang merupakan wilayah perbatasan Indonesia-Filipina.

Menpora Imam Nahrawi didampingi Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah terjun langsung ke pulau terdepan Indonesia tersebut guna melaksanakan salah satu program unggulan kepemudaan yang bertujuan memupuk dan menguatkan rasa syukur terhadap Bhinneka Tunggal Ika, demikian keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (26/9/2017).

“Saya bersyukur memulai perjalanan panjang dari Miangas dan Rote berakhir di Blitar. Ini sebagai salah satu nawa cita Presiden Joko Widodo bahwa negara harus hadir di daerah terdepan Indonesia. Mari kita jaga pulau yang indah ini. Masa depan adalah milik generasi muda Indonesia,” kata Menpora.

Dimulainya Kirab Pemuda 2017 dari Miangas, kata dia, didasarkan beberapa pertimbangan antara lain sebagai pulau terdepan dan berbatasan langsung dengan Filipina. Miangas merupakan mahkota yang harus dijaga dan dirawat serta didukung demi tercapainya cita-cita pemuda dari Pulau Miangas.

Meski panas cukup menyengat tidak menyurutkan semangat pemuda dan masyarakat setempat untuk mengikuti semua rangkaian kegiatan yang telah terprogram oleh Kemenpora.

Dalam kunjungan kali pertama ke Miangas, Menpora pun membuka dialog serta kuis kepada masyarakat setempat dengan hadiah berupa bola, bagi mereka yang dapat menjawab pertanyaan Menpora secara benar.

Selain memberi hadiah, Menpora memberikan bantuan berupa buku hingga tangki air bagi masyarakat setempat. Acara semakin semarak setelah pembacaan ikrar Kirab Pemuda Nusantara 2017 dan membuka kain prasasri titik nol pelaksanaan kegiatan.

Camat Miangas Sepno Lantaa menyampaikan terima kasih kepada Kemenpora yang sudah membuat kegiatan Kirab Pemuda Nusantara 2017 di Pulau Miangas.

“Semoga kegiatan ini bisa membangkitkan semangat para pemuda dan pemudi di sini untuk bersekolah dan bekerja dengan baik. Sebagian besar masyarakat di sini bertani dan nelayan, jadi besar harapan kami kegiatan ini bisa membantu kami, khususnya para pemuda dan pemudi,” katanya.

Kirab Pemuda Nusantara 2017 diikuti perwakilan pemuda dari 34 provinsi di Indonesia yang terbagi dalam dua zona. Zona satu bergerak dari Miangas menuju Sabang, Aceh. Sedangkan zona dua dari Rote Ndao, NTT menuju Merauke dan semuanya akan bertemu di Blitar Jawa Timur.

Kementerian Pemuda dan Olahraga adalah Kementerian di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di bawah pimpinan Puan Maharani. [anr/ram]