BENGKULU, PB – Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu mengapresiasi Pemerintah Kota Bengkulu yang saat ini mengikuti seleksi kota sehat tingkat tertinggi Swasti Saba Wistara.

OPD ini berharap seleksi ini dapat diikuti oleh seluruh kabupaten/kota yang ada di Provinsi Bengkulu di tahun yang akan datang.

Baca juga: Gagal Adipura, Kota Bengkulu Raih Kota Sehat

“Karena penilaian kota sehat ini dua tahun sekali. Kita targetkan pada 2019 nanti, paling tidak ada lima kabupaten yang ikut dalam penilaian ini,” demikian disampaikan Kadis Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni kepada pedomanbengkulu.com, Rabu (6/9/2017).

Sebenarnya, lanjut Herwan, pada tahun ini ada tiga kabupaten/kota yang mengajukan untuk ikut seleksi. Ketiganya adalah Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu Selatan dan Kota Bengkulu.

“Untuk Rejang Lebong dan Bengkulu Selatan harusnya mengikuti seleksi tahap Padapa, tapi tidak lolos,” sambungnya.

Dia berjanji Dinkes akan berupaya mengimbau agar seluruh kabupaten/kota bersiap mengikuti seleksi selanjutnya.

Hal ini karena program penghargaan ini merupakan kegiatan unggulan Kemenkes dalam mengapresiasi daerah yang berupaya wujudkan kabupaten/kota yang wilayah huniannya aman, nyaman, dan bersih.

“Kami akan persiapkan dan akan kita mulai sosialisasikan mulai dari sekarang. Karena ini kan tidak bisa instan, perlu proses. Perlu penyiapan forum dan tim pembina,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Herwan Antoni sendiri sebelumnya merupakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu. Pada masa kepemimpinannya Kota Bengkulu berhasil meraih Swasti Saba Wiwerda. [CHO]