JAKARTA, PB – Deputi bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Kemenko PMK, Agus Sartono, didampingi Staf Ahli Bidang Sustainable Development Goals Pasca 2015, Ghafur Akbar Dharmaputra, memimpin pertemuan dengan perwakilan Kedutaan Besar RRT untuk mempersiapkan rangkaian High Level Meeting People-to-People Exchange Mechanism (HLM-PEM) III RI dan RRT.

Pertemuan juga dihadiri oleh Direktur Asia Timur dan Pasifik-Kemenlu, Asisten Deputi Pendidikan Tinggi dan Pemanfaatan Iptek, Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama, perwakilan Kemenlu serta perwakilan Kemenko PMK

Dikutip dari situs Kemenko PMK, kerja sama PEM antara RI dan RRT ini telah memasuki tahun ke-3. PEM RI-RRT merupakan salah satu bentuk kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah RRT dalam bidang riset,teknologi pendidikan tinggi dan kebudayaan.

Pertemuan dengan Kedubes RRT ini membahas tentang detail rundown acara, tentative agenda, cultural visit, jumlah anggota delegasi RRT dan venue acara. Lebih lanjut HLM-PEM III RI-RRT akan diselenggarakan pada akhir November 2017 di Surakarta.

Sebelumnya Pada tanggal 1 Agustus 2016, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani, telah menghadiri Pertemuan Tingkat Tinggi ke-2 People-to-People Exchange Mechanism (HLM-PEM) RI-RRT, yang diselenggarakan di Guiyang, RRT.

Pada pertemuan tingkat tinggi tersebut Menko PMK RI dan Wakil PM RRT menyaksikan penandatanganan beberapa dokumen perjanjian bilateral di bidang pendidikan, kebudayaan, sains dan teknologi, serta kehutanan.

Khusus mengenai perjanjian di bidang kehutanan, terkait dengan upaya mendatangkan Giant Panda ke Indonesia. Saat ini Panda itu sudah dapat disaksikan di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor. [anr/ram]