JAKARTA, PB – Mendampingi Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, Menko PMK, Puan Maharani, bertemu dengan Presiden Olympic Council of Asia (OCA), Sheikh Ahmad Al Sabah, di Wisma Serbaguna INASGOC, Senayan Jakarta, baru-baru ini, untuk membahas mengenai kesiapan Indonesia dalam penyelenggaran Asian Games 2018 yang akan dilaksanakan di Jakarta dan Palembang.

Dalam pertemuan itu hadir pula Menpora, Imam Nahrowi; dan Ketua INASGOC, Erick Tohir. Selain pembahasan kesiapan Indonesia dalam Asian Games 2018, Menko PMK selaku Wakil Ketua Panitia Pengarah Asian Games 2018 juga menyaksikan secara langsung acara penandatanganan kerjasama partner pendukung penyelenggaraan Asian Games 2018 antara INASGOC yang diwakili oleh Erick Thohir selaku Ketua Pelaksana INASGOC dengan beberapa partner pendukung.

Setelah pertemuan itu, Rombongan OCA Senin pagi tadi diterima oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta. Presiden didampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menko PMK, Puan Maharani; Menpora, Imam Nahrowi; dan Ketua INASGOC, Erick Tohir; sementara delegasi OCA terdiri dari lima orang dan dipimpin oleh Presiden OCA, Sheikh Ahmad Al Fahad Al Sabah.

“Kita meminta bahwa Presiden OCA bisa mempromosikan Asian Games 2018 ke dunia internasional karena beliau sering bepergiaan dan bertemu dengan dunia internasional,” kata Menko PMK seusai pertemuan.

Menko PMK menambahkan, jika Asian Games 2018 nanti berjalan sukses dan lebih berprestasi, pada tahun 2023 Indonesia ingin ikut menjadi tuan rumah bersama Filipina dan Jepang dalam ajang World Basketball.

“Selanjutnya Insya Allah lagi kalau kita bisa mensukseskan hal tersebut, ya mungkin kita ikut olympic games 2030,” ujarnya.

Presiden OCA, ungkap Menko PMK, mendukung permintaan Jokowi untuk mempromosikan Asian Games 2018 itu. OCA pun akan datang lagi ke Indonesia melihat perhelatan kompetisi olahraga Asia itu.

“Hal-hal yang dibicarakan Presiden tentu saja Presiden OCA mendukung dan berharap ini merupakan suatu yang dilakukan lagi oleh Indonesia setelah 1962. Mereka optimis dan akan datang lagi nanti tahun depan untuk melihat hal-hal yang dilakukan,” tutupnya. [anr/ram]