JAKARTA, PB – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mempromosikan kopi khas Bengkulu. Hal tersebut dilakukannya saat menghadiri Festival Semarak Kopi Bengkulu di area Car Free Day, Bundaran HI, Jakarta, Minggu (27/11/2017).

Baca juga: Kopi Terbaik Nusantara Meriahkan Even Karnaval Batik Internasional, Gratis!

“Pokoknya saya siap jadi marketing supaya kopi Indonesia bisa mendunia, termasuk kopi Bengkulu ini,” kata Zulkifli Hasan.

Bang Zul, sapaan akrabnya, mengatakan, kopi robusta asal Bengkulu ini tak kalah dengan kopi dari daerah lain. Dia memang penikmat kopi, bahkan selalu tak luput mampir di kedai kopi saat berkunjung ke daerah-daerah.

“Saya sudah coba robusta-nya ini enak banget,” ungkapnya.

Ketua Umum PAN ini pun berharap kopi Bengkulu bisa mendunia sebagaimana kopi dari daerah yang ada di Indonesia lainnya juga demikian.

“Tinggal sekarang kemasannya dibuat menarik setara atau bahkan lebih baik dari kopi luar negeri,” kata dia.

Tak hanya Zulkifli Hasan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernurnya Sandiaga Uno juga hadir dalam kegiatan tersebut.

Simak juga: Bengkulu Menuju Raja Kopi Indonesia

“Kami berkumpul di sini untuk menikmati kopi robusta terbaik dari Bumi Raflesia. Kopinya enak, teman-teman harus coba,” kata Anies.

Sebagai upaya dukungan kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu, mantan Menteri Pendidikan ini berjanji bila akan menyediakan space pemasaran kopi Bengkulu.

Kehadiran Ketua MPR RI dan kedua pemimpin Jakarta ini disampbut langsung oleh Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. Dia berharap Bang Zul dan Pemerintah Provinsi Jakarta dapat mempromosikan kopi dari Bengkulu karena memang komoditas unggulan provinsi ini tak kalah dengan kopi dari negara lain.

“Kami akan ajak terus untuk kampanyekan minum Kopi Bengkulu, Kopi lokal kualitas Internasional,” kata Rohidin.

Menurutnya, kegiatan promosi ini akan membantu para petani yang ada di Bengkulu.

“Kopi Bengkulu termasuk dalam jajaran kopi terbaik di Indonesia, memiliki cita rasa aroma buah dengan rasa lemon, cokelat, dan herbal yang khas. Sudah beberapa kali ikut festival kopi nasional, selalu masuk lima besar,” kata dia.

Data terhimpun Pedoman Bengkulu, beberapa pejabat Provinsi Bengkulu hadir dalam kegiatan rangkaian HUT Provinsi Bengkulu tersebut. Beberapa diantaranya adalah Kepala Bank Indonesia Perwakilan Bengkulu Endang Kurnia dan Wakil Walikota Bengkulu Patriana Sosialinda. [Tedi Cahyono]