BENGKULU, PB – Dandim 0407/Bengkulu Letkol. Arh. Osmar Silalahi mengajak seluruh masyarakat Kota Bengkulu untuk menonton film ‘Merah Putih Memanggil’. Sebab, film ini akan menceritakan bagaimana perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

“Kami mengajak adik sekalian, pada pukul 14.00 WIB nanti untuk nonton merah putih memanggil di XXI Mega Mall. Dengan menonton film ini kita bisa ingat bahwa kemerdekaan tidak lepas dari usaha para pahlawan pendahulu kita,” ujarnya, usai upacara peringatan Hari Pahlawan di Pemkot Bengkulu, Jumat (10/11/2017).

Mantan Kasiterrem 052 WKR Dam Jaya ini menilai, saat ini sebenarnya jiwa kepahlawan rakyat Indonesia belum luntur. Namun, banyak yang belum tahu sejarah perjuangan para pahlawan hingga NKRI ini bisa terbentuk hari ini.

“Karena itu, kita ajak semuanya untuk kembali mengingat sejarah. Presiden pertama kita menyampaikan bangsa yang besar adalah yang menghargai jasa para pahlawan. Oleh sebab itu, penting bagi kita mengingat sejarah bangsa kita,” ungkapnya.

Menurutnya, banyak cara yang bisa dilakukan oleh masyarakt agar bisa menjadi pahlawan masa kini. Salah satunya adalah dengan mengisi pembangunan sesuai dengan tugasnya masing-masing.

“Misalnya TNI, melakukan apa tugasnya dengan baik. Polisi, melakukan apa tugasnya. Awak media juga demikian. Intinya seluruh masyarakat harus mengisi pembangunan ini dengan hal yang positif, yang sifatnya membangun-membangun itu,” paparnya.

Diakuinya, perjuangan bangsa Indonesia hari ini lebih berat dibandingkan dengan masa kolonialisme. Sebab, saat ini kita tidak bertempur lagi seperti pahlawan pada masa penjajahan.

“Kalau dulu jelas siapa lawannya, penjajah yang kulitnya beda, wajahnya juga beda. Kalau sekarang tidak. Ini yang dikatakan panglima kami, saat ini ada proxy war. Musuh tidak terlihat tapi ada dimana-dimana,” ungkapnya.

Untuk melawan musuh ini, sambungnya, seluruh rakyat Indonesia harus kuat dan bersatu.

“Supaya negara kita ini tetap eksis sepanjang dunia ini ada,” pungkasnya.

Sekedar informasi, peringatan hari pahlawan di Kota Bengkulu dimulai dengan upacara peringatan Hari Pahlawan di Kantor Walikota Bengkulu. Dilanjutkan dengan upacara tabur bunga di Makam Pahlawan Balai Buntar. Terakhir, akan ada nonton bareng film Merah Putih Memanggil di Mega Mall. [CHO]