Nopian Andusti saat dilantik oleh Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah sebagai Sekda defenitif di Balai Raya Semarak, Senin (18/12/2017). [Foto Antonio Wijaya/Pedoman Bengkulu]
BENGKULU, PB – Nopian Andusti resmi menduduki jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu.

Pelantikan dilaksanakan oleh Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah di Balai Semarak Raya pukul 14.00 WIB, Senin (18/12/2017).

Pelantikan ini diikuti dengan penandatangan fakta integritas. Sejumlah kepala Operasional Perangkat Daerah (OPD) dan undangan lainnya turut menyaksikan jalannya pelantikan serta memberikan ucapan selamat.

“Untuk itu, dalam jabatan ini dituntut untuk selalu profesional, berdedikasi, bersemangat untuk mendukung dan mensukseskan semua program pembangunan Provinsi Bengkulu yang kita cintai ini,” ujar Plt Gubernur dalam sambutannya.

Baca juga : Merindukan Sekda Definitif

Rohidin mengharapkan agar Novian secara terus menerus meningkatkan pengetahuan, keterampilan, kompetensi manajerial yang tinggi dan sikap perilaku sesuai dengan tuntutan pekerjaan.

Karena, kata Rohidin, dalam jabatan tersebut terletak koordinasi pelaksanaan seluruh piranti-piranti kebijakan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu.

“Ada tiga kompetensi yang perlu dipahami dan dijalankan kepada saudara, yakni pertama, pengusasaan pemahaman dan regulasi. Kedua kecepatan, ketetapan dan ketelitian. Dan ketiga yakni kemampuan managerial. Berharap dengan memegang tiga komptensi ini dengan jabatan yang baru diemban ini, saudara akan lebih pro aktif dan produktif,” pungkas Rohidin.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Nopian Andusti menuturkan bahwa langkah awalnya dalam mengemban jabatan Sekda ini yakni tahu situasi terkini di lingkungan Pemerintahan Provinsi Bengkulu.

“Koordinasi antar instansi penting untuk ditingkatkan agar dapat menciptakan suasana kesamaan pemikiran dalam membangun Provinsi Bengkulu ini,” kata Nopian.

Novian Andusti sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBP3A) Kabupaten Bengkulu Selatan.

“Ini sebuah amanah yang mempunyai tanggungjawab yang berat dan besar tapi semua harus bisa dikondusifkan. Ini akan menjadi bahan kedepan dalam konteks membantu pekerjaan Gubernur. Dalam waktu dua tiga hari akan saya pelajari semuanya untuk kedepan,” demikian Novian. [Antonio Wijaya]