Budiman Ismaun ketika meresmikan peringatan Hari Buku Sedunia, Gerakan Membaca di Ruang Publik ‘Membangun Kota Seribu Buku, Cerdaskan Seribu Generasi’ di Sport Center Pantai Panjang, Sabtu (24/4/2016).

BENGKULU, PB – Rumor soal Caretaker atau Penjabat Walikota Bengkulu pasca berakhirnya masa jabatan Helmi Hasan dan Patriana Sosialinda sebagai Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu 21 Januari 2018 semakin merebak.

Teranyar, Budiman Ismaun yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu diprediksi sebagai calon terkuat sebagai Penjabat Walikota Bengkulu mengalahkan dua bakal calon kandidat yang lain yaitu Hamka Sabri yang saat ini menjabat sebagai Asisten I Setdaprov Bengkulu, Ricky Gunawan yang saat ini menjabat sebagai Kadis Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu.

Baca juga : Terimakasih Generasi Seribu Buku!

Isu ini meluas merebak di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan warga Kota Bengkulu setelah terdengar kabar jika Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri mengenai tetapan Penjabat Walikota akan segera turun.

“Mudah-mudahan surat keputusannya sudah bisa turun hari ini atau besok,” singkat Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, Sabtu (20/1).

Data terhimpun, Budiman Ismaun merupakan sosok yang tidak asing bagi ASN di lingkungan Pemerintah Kota Bengkulu. Ia bahkan pernah menjadi Sekretaris Panitia Seleksi (Pansel) Jabatan Pimpinan Tinggi di lingkungan Pemerintah Kota Bengkulu pada tahun 2015 yang lalu.

Terlepas dari itu, jika hingga waktu berakhir masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu belum juga ada keputusan Mendagri soal penetapan Penjabat, maka Kota Bengkulu akan dipimpin oleh Pelaksana Harian (Plh) Walikota yang dapat diisi oleh Pejabat lingkungan Pemerintah Kota Bengkulu maupun pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Simak juga : Kualitas Siswa Dievaluasi

Penunjukkan Plh Walikota yang berasal dari lingkungan Pemerintah Kota atau Provinsi merupakan kewenangan penuh dari Gubernur Bengkulu untuk melakukan penunjukan.

“Penunjukan Pelaksana harian itu mekanismenya sudah diatur dalam undang-undang dan merupakan hak prerogratif dari Pak Gubernur,” ujar Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Novian Andusti.

Pantauan Pedoman Bengkulu, Walikota Helmi Hasan dan Wakil Walikota Patriana Sosialinda telah resmi berpamitan dengan sejumlah ASN OPD struktural di lingkungan Pemerintah Kota Bengkulu, Kamis (18/1).

Dalam penyampaiannya, Walikota bersama Wakil Walikota mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya untuk seluruh ASN, OPD, Lurah, Camat serta masyarakat Kota Bengkulu yang telah membantu menyelesaikan dan menyukseskan berbagai program kerja Helmi-Linda. [Ifan Salianto]