Bupati bersama OJK usai membahas rencana edukasi untuk nelayan seluma, Kamis (15/3/2018)

SELUMA, PB – Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Bengkulu Yan Syafri bersilaturahmi dengan Bupati Seluma Bundra Jaya, diruang kerjanya, Kamis (15/03/2018).

Ditemui, usai bertemu bupati, kepala OJK Provinsi Bengkulu Yan Syafri mengatakan, kedatangannya hanya bersilaturahmi dan meminta izin terkait rencana edukasi di kampung nelayan untuk membuka akses ke perbankan.

“Kita tadi meminta ijin Pak Bupati, terkait rencana kita untuk melaksanakan edukasi di kampung nelayan untuk membantu membuka akses ke perbankan. Apa-apa yang perlu disiapkan agar nelayan terbantu untuk menambah usaha,” katanya.

Menurutnya, fungsi OJK lebih kepada pengawasan. Namun, akan ada penekanan agar terbuka peluang bagi nelayan dalam bentuk pengembangan usaha.

“Jika nelayan perlu dibantu untuk akses ke perbankan, kita siap bantu,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Seluma memberikan opsi di dua Desa yang bisa menjadi pilihan pilot project, seperti di Desa Penago Baru Kecamatan Ilir Talo dan di Desa Muara Maras Kecamatan Semidang Alas Maras. Kedua desa ini menurut bupati, mempunyai peluang usaha untuk dikembangkan.

“Saya sangat mengapresiasi atas kegiatan yang akan dilakukan OJK karena dinilai akan sangat membantu kesejahteraan bagi masyarakat nelayan kita, kalau masyarakat sejahtera, kita aman,” tandas Bundra.

Menurutnya, dalam waktu dekat ini, dua desa yang direkomendasikan kepada OJK akan terlebih dahulu disurvei dengan melibatkan pihak dinas perikanan seluma.

“Untuk sementara mereka jajaki dulu, nanti akan saya panggil, kadis perikanan dampingi,” tegasnya. [Sepriandi]