Ratusan Relawan Dilatih Tanggap Bencana
Anggota Komite III DPD RI daerah pemilihan Bengkulu, Riri Damayanti John Latief, saat memberikan pemaparan tentang kebangsaan saat menggelar sosialiasi bersama Relawan Pemuda Muhammadiyah Bengkulu Utara, Sabtu (21/4/2018).

BENGKULU UTARA, PB – Guna memastikan wawasan kebangsaan sampai kepada seluruh khalayak, anggota Komite III DPD RI daerah pemilihan Bengkulu, Riri Damayanti John Latief, menggelar sosialiasi dengan menggandeng Relawan Pemuda Muhammadiyah Bengkulu Utara, Sabtu (21/4/2018).

Dalam sosialisasi ini, Senator termuda Indonesia itu menekankan tentang pentingnya pengaplikasian nilai sila kedua Pancasila, kemanusiaan yang adil dan berada dalam bentuk saling mencintai sesama manusia, mengembangkan sikap tenggang rasa, dan gemar melakukan kegiatan kemanusiaan.

“Ketika kita misalnya memutuskan untuk menjadi relawan, maka yang harus kita jadikan motivasi adalah keinginan untuk menebar manfaat kepada sesama. Bukan motivasi lain seperti biar bisa pamer di medsos, atau hanya sekedar karena tuntutan dalam berorganisasi,” kata Riri kepada para peserta yang hadir dalam sosialiasi tersebut.

Senator termuda Indonesia Riri Damayanti saat memberikan paparan.

Riri menjelaskan, syarat menjadi relawan yang tangguh dan berdidikasi, seseorang harus dapat bekerja tanpa pamrih, memiliki komitmen dan tanggung jawab besar terhadap kemanusiaan serta senantiasa siap baik secara mental maupun fisik.

“Sebab seorang relawan harus berani menyelamatkan nyawa orang lain, sekalipun menghadapi resiko kehilangan nyawanya sendiri. Fastabiqul khairat. Berlomba-lomba dalam kebaikan. Sholat saja tidak cukup untuk ladang ibadah. Berbuat baik dengan cara menjadi relawan merupakan sebuah kebutuhan,” ungkap Ketua Bidang Tenaga Kerja, Kesehatan, Pemuda dan Olahraga BPD HIPMI Provinsi Bengkulu itu.

Riri menambahkan, Islam mengajarkan setiap pengikutnya untuk senantiasa membantu sesama dengan harapan mendapatkan balasan dari Tuhan. Riri mengajak para pemuda Muhammadiyah untuk memelihara rasa kesetiakawanan dan menanamnya dalam hati sanubari.

“Ada banyak keuntungan menjadi relawan. Diantaranya dapat memperluas pergaulan, mengenal orang-orang baru, dapat mengenal lingkungan dengan baik, menggali minat dan bakat, serta pemahaman bahwa materi bukan segalanya,” ungkap Pimpinan sementara DPD-RI 2017 itu.

Salah satu peserta melemparkan pertanyaan dalam kegiatan sosialisasi ini.

Sementara Ketua Pimpinan Daerah Muhamadiyah (PDM) Bengkulu Utara, M Tohir, mengatakan, Muhammadiyah senantiasa berkomitmen untuk memberikan bantuan kemanusiaan setiap kali ada bencana.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini para pemuda Muhammadiyah di Bengkulu Utara dapat berperan untuk mengurangi resiko bencana yang bisa saja terjadi kapan saja,” demikian M Tohir.

Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama antara anggota DPD Riri Damayanti John Latief bersama Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Bengkulu Utara.

Kegiatan berlangsung di Gedung Islami Centre Arga Makmur dan dibuka oleh Bupati Bengkulu Utara Ir Mian yang dalam hal ini diwakili Staf Ahli Waluyo. Sosialisasi ini berlangsung dengan hangat dan penuh khidmat serta diselingi dengan tanya jawab antara peserta dan Riri Damayanti selaku narasumber utama. [Gayatri Sukarti]

Kegiatan ini berlangsung hangat dan khidmat.
Para peserta tampak antusiasi mengikuti pemaparan narasumber.