Deklarasi Pilkada Damai Siap Menang Siap Kalah di Hotel Kuala View Beach Bengkulu, Jum’at (22/6/2018).

AJPP Gelar Deklarasi Pilkada Damai

BENGKULU, PB – Aliansi Jurnalis Pemantau Pemilu (AJPP) menggelar Deklarasi Pilkada Damai Siap Menang Siap Kalah di Hotel Kuala View Beach Bengkulu, Jum’at (22/6/2018).

Dikatakan Cristoper selaku Ketua AJJP saat memberikan sambutan mengungkapkan bahwa inisiasi kegiatan ini bermula dari adanya potensi bahaya pada saat Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu 27 Juni mendatang.

“Kepada para kandidat diharapkan bisa mengikrarkan diri untuk siap menang dan siap kalah, dan ini merupakan hasil dari diskusi-diskusi kecil di berbagai forum karena adanya potensi yang tidak diinginkan, maka untuk mencegah kemungkinan potensi kejadian-kejadian yang tidak diingingkan tersebut kami menggelar acara ini,” ungkap Cristoper.

Melalui Deklarasi Pilkada Damai ini, setiap paslon dan timnya diharapkan memberikan komitmen untuk menyikapi hasilnya nanti dengan lapang dada.

“Kita perlu komitmen, karena tanggal 27 mendatang sudah dilangsungkan pemilihan. Tentu yang menang harus siap mengemban amanah untuk lima tahun mendatang, tapi yang kalah juga harus bisa legowo,” ujar Cristoper.

Sedangkan menurut Pejabat Walikota Bengkulu Budiman Ismaun saat menyampaikan sambutan mengatakan bahwa pada Pilwakot ini jangan sampai terjadi hal-hal yang negatif.

“Walaupun cukup mepet, dan seharusnya dilakukan jauh-jauh hari tapi kita tetap apresiasi, karena tidak ada yang sempurna. Kita semua mendukung pelaksanaan pilwakot ini dan kita berharap tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Budiman.

Menurut Budiman, setiap paslon yang sudah secara sadar berani turun di arena Pilwakot ini, tentu harus siap menerima konsekuensi, yaitu menang atau kalah.

“Sejak awal, setiap calon pasti sudah memikirkan menang atau kalah, khususnya resiko kalah. Sebenarnya pada saat kalah nanti itu mereka pasti tidak akan siap, karena tujuan utama mereka turun ya untuk menang. Tapi tetap ada konsekuensinya, walaupun kalah harus menerima dengan lapang dada,” imbuhnya.

Penjabat Walikota Budiman Ismaun saat memberikan kata sambutan.

Budiman juga mengimbau kepada kawan-kawan yang bergerak di media untuk menerapkan sikap independensi dan jangan terlalu condong ke satu pihak.

“Percikan-percikan yang paling banyak muncul itu sebenarnya muncul dari para pendukung, dan yang bisa memadamkan ya pasangan calon tersebut,” tutupnya. [Deni Dwi Cahya]