Pendap, salah satu kuliner favorit khas Bengkulu ikut tersaji dalam Festival Kuliner Bumi Rafflesia di Sport Center Pantai Panjang, Kamis (19/7/2018).

BENGKULU, PB – Ajang Festival Bumi Rafflesia yang mulai dibuka Kamis (19/7/2018), tidak hanya sebatas pegelaran bergengsi.

Dalam ajang ini juga digelar Festival Kuliner untuk melestarikan kuliner khas Bengkulu dengan lomba masakan dan minuman.

Pendap, makanan khas masyarakat Bengkulu ikut berkontestasi dengan sejumlah kuliner modern saat ini.

Pendap memiliki cita rasa yang khas, menggugah selera makan dengan aroma khas daun keladi dan daun pisang yang menjadi pembungkusnya.

“Pendap ikan segar yang difermentasikan atau diendap. Kedepan ini akan kita upayakan bisa dibuat dalam bentuk kemasan,” kata M Leo Fatli Bakti selaku Koordinator Festival Kuliner Bumi Rafflesia 2018.

M Leo Fatli Bakti

Tak hanya pendap, jeruk kalamansi pun ikut tersaji.

“Jeruk kalamansi tidak hanya dapat diolah jadi minuman saja tetapi juga bisa dibuat kosmetik, obat dan farfum. Ini juga bisa dibuat menjadi kemasan biar bisa jadi oleh-oleh,” ungkap Leo.

Sebanyak 20 peserta ikut bertanding dalam Festival Kuliner Bumi Rafflesia ini. Para peserta berkesempatan mendapatkan hadiah berupa piagam, piala dan uang pembinaan. [Mey Borjun]