PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Sanksi tegas berupa pemberhentian secara tidak hormat dipastikan akan diberlakukan kepada TNI anggota Kodim 0409/ Rejang Lebong jika terbukti terlibat dalam penyalahgunaan dan peredaran Narkotika.

“Jika ada anggota yang terbukti mengkonsumsi narkoba, apa lagi terbukti menjadi pengedar, maka sanksi yang dijatuhkan berupa diberhentikan dengan tidak hormat,” ujar Komandan Kodim (Dandim) 0409/Rejang Lebong Letkol Kav Budi Wirman disela – sela pelaksanaan kegiatan tes urine terhadap anggota Kodim 0409/Rejang Lebong di Makodim 0409/Rejang Lebong, Senin (20/8).

Dijelaskan Dandim, tes urine dilaksanakan secara mendadak usai melaksanakan kegiatan upacara. Kegiatan dilaksanakan dalam rangka mencegah penyalahgunaan narkoba di lingkungan TNI, Kodim 0409/Rejang Lebong (RL).

“Kegiatan ini rutin kita laksanakan. Anggota yang dites urinenya juga diambil secara acak dan ditentukan sesaat sebelum pelaksanaan tes urine,” ujar Dandim.

Ditambahkan Dandim, kegiatan ini dilakukan juga sebagai upaya Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan serta Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) bagi para prajurit dan PNS khususnya di lingkungan Kodim 0409/Rejang Lebong.

“Alhamdulilah, dari 30 anggota yang di tes urinenya secara mendadak dan acak ini hasilnya negatif. Ini membuktikan jika anggota Kodim 0409/Rejang Lebong tetap memegang teguh komitmen untuk tidak terlibat dalam peredaran Narkoba di Rejang Lebong,” tegas Dandim. [Ifan Salianto]