PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Mendekati Hari Pramuka yang ke-57, saat ini pengurus Kwartir Daerah Provinsi Bengkulu mempersiapkan dengan matang rentetan kegiatan yang akan dilangsungkan.

“Persiapan sudah matang, agenda Pramuka ini sudah menjadi agenda nasional,” kata Jimmy Carlo selaku Sekretaris Kwartir Daerah Bengkulu saat ditemui di Markas Kwartir Daerah di Jalan Rokan Nomor 3 Padang Harapan, Senin (6/8/2018).

Dijelaskan Kak Jimmy bahwa ada tiga agenda besar yang akan digelar yaitu Ziarah Makam Pahlawan, Ulang Janji atau renungan, dan Apel Besar Pramuka.

“Mulai tanggal 13 Agustus pagi, kita akan berziarah ke makam pahlawan, setelah itu ada kegiatan malam di Gedung Daerah yaitu Ulang Janji dan renungan, sedangkan puncaknya nanti pada tanggal 14 Agustus di Kantor Gubernur Bengkulu. Saat ini Apel Besar juga sudah dipersiapkan, tinggal lagi pemantapannya saja,” ungkap Kak Jimmy.

Dikatakan Kak Jimmy, bahwa yang dipersiapan untuk memimpin kegiatan ziarah nanti adalah Ketua Pramuka Daerah dan untuk kegiatan Ulang Janji dan Apel Besar akan dipimpin langsung oleh Plt Gubernur Bengkulu selaku Ketua Pembimbing Daerah.

“Diperkirakan masa yang akan mengikuti kegiatan ziarah sekitar 300 orang dan kegiatan Apel Besar diperkirakan lebih dari 1.000 orang karena melibatkan pemerintahan setempat seperti SKPD kota maupun provinsi dan seluruh organisasi kepemudaan yang ada di Bengkulu ini,” tambahnya.

Pada malam 16 Agustus nanti juga direncanakan akan digelar renungan suci dan pada pagi harinya dilanjutkan dengan melaksanakan upacara detik-detik Proklamasi. [Yoma Zulkarnain]