Antusiasme pembaca terhadap media siber Pedoman Bengkulu terus membesar.

Sama halnya dengan situs CPNS seperti portal sscn.bkn.go.id, tak jarang pada beberapa kesempatan, server media dengan tagline ‘Cahaya Perubahan’ ini anjlok karena tak kuat menampung ketika pembaca berbondong-bondong memasuki situs pedomanbengkulu.com.

Berdasarkan data Google Analytics, sejak tanggal 1 September 2017-31 Agustus 2018 atau persis selama satu tahun penuh, terdapat 2.416.539 kunjungan halaman ke alamat situs pedomanbengkulu.com dengan 999.020 pengguna.

Tak hanya dari Indonesia dengan 963.613 pengguna, situs media siber yang dipimpin oleh Muammar ini juga diakses oleh para pembaca dari Amerika Serikat dengan 10.969 pengguna, Malaysia 5.310 pengguna, Peru 4.409 pengguna, Singapura 2.152 pengguna, Filipina 1.280 pengguna dan sejumlah pengguna lain asal Kanada, Jepang, Inggris, dan negara-negara besar lainnya.

Potensi pembaca yang besar itu mendorong Pedoman Bengkulu berupaya untuk membaca pilihan politik netizen atau warganet. Bukan hanya untuk pilihan politik di Bengkulu, namun juga secara nasional, misalnya dengan pilihan terhadap calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

[Klik tulisan ini untuk ikut jajak pendapat capres/cawapres]

Saat ini, media sosial terutama Facebook telah diperhitungkan sebagai salah satu sarana penggalangan dukungan politik. Melalui media sosial, para kontestan politik bukan hanya dapat berkampanye secara kreatif, namun juga murah dan massal.

[Klik tulisan ini untuk ikut jajak pendapat Calon DPD Dapil Bengkulu]

Jajak pendapat sendiri bukan hal baru yang digunakan Pedoman Bengkulu untuk mengetahui persepsi pilihan politik pembaca terutama melalui Funpage Facebook resmi media ini. Dalam dua jajak pendapat pada Pemilihan Walikota 2018 dan Pemilihan Kepala Daerah Bengkulu Tengah 2017, jajak pendapat Pedoman Bengkulu terbukti akurat.

[Klik tulisan ini untuk ikut jajak pendapat partai pilihan Pemilu 2019]

Saat ini, Funpage Facebook Pedoman Bengkulu secara alamiah terus mengalami pertumbuhan positif. Pada hari ini, Kamis (27/9/2018), Funpage Facebook Pedoman Bengkulu telah diikuti oleh 20.315 akun dan disukai oleh 15.931 akun, melampui Funpage Facebook media-media sejenis di Bengkulu.

Mey Borjun, Kontributor Pedoman Bengkulu