PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Tahap terakhir dari keseluruhan rangkaian tabut dinamakan dengan Tabut Tebuang. Dalam rangka prosesi ritual pelepasan tabut tebuang tahun 2018 yang di adakan pada 10 Muharram yang dilaksanakan di area rumah dinas gubernur Bengkulu berlangsung khidmat serta sangat meriah, Kamis (20/9/18).

Puluhan ribu lapisan masyarakat Bengkulu maupun masyarakat dari luar daerah Bengkulu tumpah ruah di sepanjang jalan yang dilalui para rombongan pembawa Bangunan Tabut.

Plt Gubernur beserta rombongan berjalan arak-arakan tabut tebuang ini di mulai dari rumah dinas gubernur Bengkulu menuju pemakaman Syekh Burhanuddin bergelar Imam Senggolo di kawasan Karballa.

Rohidin Mersyah M.MA selaku Plt Gubernur kota Bengkulu mengimbau acara berlangsung kondusif dan tertib.

“Semoga prosesi tabut dapat mengangkat kearifan lokal kota Bengkulu dan semoga pas arak-arakan nanti berlangsung secara kondusif dan tertib. Acara tabut ini merupakan seni budaya Kota Bengkulu yang turun temurun semoga tahun – tahun berikutnya masih bisa terlaksana lebih meriah lagi, dan semoga festival tabut ini dapat menjadi event tahunan yang di tunggu-tunggu oleh masyarakat,” ujarnya.

Ada berbagai lapisan masyarakat yang turut memeriahkan acara pelepasan tabut tebuang ini. Karena semaraknya acara tabut ini tak heran masyarakat dari berbagai daerah yang berjauhan turut hadir hanya untuk menyaksikan acara festival tabut ini. Ada yang dari Bengkulu utara, Bengkulu tengah, Curup, dll.

Dalam acara tabut ini Ada 14 keluarga keturunan Tabut yang menggelar tradisi ini setiap tahunnya. Tabuhan alat musik dol pun bergemuruh menambah kental nya kearifan budaya lokal budaya Bengkulu pada saat arak – arakan berlangsung.

“Terimakasih kepada pihak kamanan yang telah mengkondisikan keadaan menjadi tertib seperti ini, saya juga berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang dapat hadir melihat acara tabut tebuang tahun 2018 ini. Sehingga acara ini menjadi sangat meriah seperti ini,” demikian Plt Gubernur. [Mitha]