PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Pada hari Sabtu (22/9/2018) pagi berlangsung Seminar Nasional Jurnalistik yang diselenggarakan oleh KMB (Komunitas Menulis Bengkulu). Kegiatan ini bertempat di Aula Unihaz lantai tiga.

Seminar Nasional Jurnalistik ini mengundang enam pemateri hebat yakni Ranti Putria dari TVRI Bengkulu, Rudi Nurdiansyah dari Pedoman Bengkulu, Tangguh Sipria Riang dari Ragam Post, Eugene Kau Situ dari Kompas TV, Indah Soraya dari People Publisher, Sahyarudin dari RRI Bengkulu.

Mewakili Rektor Unihaz, hadirlah Wakil Rektor 1 Unihaz Dr. Edwar, M.Pd yang sepenuhnya mendukung acara yang diadakan di Unihaz tersebut.

“Kegiatan ini sangat bagus, dapat mengenalkan pada adik-adik apa itu jurnalistik dan dapat menulis sesuatu, menemukan sesuatu dan menyampaikan sesuatu yang bermanfaat untuk khalayak, sosok jurnalis profesional memang dibutuhkan dan lewat seminar ini semoga lahir jurnalis hebat,” ujar Wakil Rektor 1 Unihaz.

Dalam kesempatan tersebut juga dijelaskan oleh Warek 1 bahwa Unihaz selalu mendukung kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan di Aula Unihaz lantai tiga, bahkan pihak Unihaz tidak memungut biaya sewa ruangan untuk kegiatan positif seperti Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh KMB.

“Kegiatan-kegiatan yang bermanfaat sepenuhnya kami dukung dan kami menyediakan ruangan ini secara gratis,” kata Wakil Rektor 1.

Untuk diketahui, Universitas Prof.Dr. Hazairin, SH., yang disingkat Unihaz adalah sebuah universitas swasta yang diselenggarakan oleh Yayasan Semarak Bengkulu (sebuah Yayasan yang didirikan oleh Para Pasirah Kepala Marga dalam wilayah Keresidenan Bengkulu pada masa Pemerintahan Hindia Belanda tahun 1928).

Sejak dihapusnya sistem Pemerintahan Marga berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1979 tentang Pemerintahan Desa, kedudukan para para Pasirah Kepala Marga sebagai pendiri Yayasan Semarak Bengkulu, digantikan oleh ex-officio Gubernur Propinsi Bengkulu serta para Bupati dan Walikota Pemerintah Daerah Tingkat II dalam lingkungan Propinsi Bengkulu.

UNIHAZ diresmikan pada tanggal 20 Mei 1984, berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Yayasan Semarak Bengkulu Nomor 1 Tahun 1984 tanggal 16 April 1984. Unihaz mendapat tugas untuk melanjutkan tugas-tugas Universitas Semarak Bengkulu yang telah ditutup melalui proses passing out, sebagai syarat berdirinya Universitas Bengkulu. Universitas Bengkulu didirikan oleh Pemerintah Pusat atas prakarsa Pemerintah Propinsi Bengkulu dan Pengurus Yayasan Semarak Bengkulu.

Pada waktu berdirinya tahun 1984, UNIHAZ menyelenggarakan program studi jenjang pendidikan Sarjana (S1) pada 4 fakultas, yaitu:

  • Fakultas Hukum jurusan Hukum Keperdataan dan jurusan Hukum Pidana
  • Fakultas Ekonomi jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik; jurusan Ilmu Sosial, Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Studi Administrasi Pendidikan.

Program pendidikan dan program studi yang diselenggarakan oleh Unihaz pun selanjutnya mengalami perkembangan pesat dengan berbagai prestasi gemilang dari mahasiswanya. [Ivana]