PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Kepolisian Resort Bengkulu berhasil mengamankan 3 terduga pelaku pembobolan rumah diantaranya RA (17), RE (15) dan JE (24). Ironisnya dari tiga tersangka yang diamankan satu pelaku masih di bawah umur yakni tersangka RE.

Kapolres Bengkulu AKBP Prianggodo Heru, Sabtu (3/11/2018) dalam aksi sebelumnya RE melakukan pembobolan rumah milik Devi yang berlokasi di Kelurahan Pematang Gubernur Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu dengan cara memanjat dinding belakang rumah korban dan masuk melalui pelafon kamar korban kemudian mengambil mengambil 1 unit sepeda motor Yamaha Mio dan 1 unit Hanphone. Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar 12 juta rupiah.

Sementara tersangka RA sebelumnya melakukan pembobolan rumah milik Pasih yang berlokasi Kelurahan Bentiring Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu, kejadian tersebut diketahui korban setelah korban pulang dari kebun dan melihat HP miliknya yang diletakkan diatas meja tidak ada lagi. Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar 500 ribu rupiah.

Kemudian kedua pelaku yakni RE dan RA kembali beraksi bersama sama melakukan pembobolan rumah milik Marthen yang berlokasi Kelurahan Bentiring Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu lewat pintu depan dengan menggunakan kunci rumah tersebut yang mana saat itu korban sedang pergi. Setelah berhasil masuk tersangka mengambil laptop dan uang sebesar 200 ribu rupiah. Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar 4 juta rupiah.

Sedangkan tersangka JE melakukan pembobolan rumah milik Syaidini yang berlokasi di Kelurahan Sawah Lebar Baru Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu yang mana saat itu pemilik rumah dalam keadaan tidur. Pelaku masuk dengan memanjat celah dak antara rumah korban dan rumah tetangga yang berdekatan, setelah berhasil masuk tersangka mengambil Hanphon yang berada di meja kamar korban, selanjutnya tersangka mengambil tas korban yang berisikan uang tunai sebesar 38 juta rupiah. Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar 40 juta rupiah.

“Dalam aksinya ketiga terduga pelaku tersebut dengan mencari sasaran rumah yang dalam keadaan kosong ditinggal oleh pemiliknya. Kemudian terduga pelaku mencari celah bagaimana rumah korban dapat di masuki oleh terduga pelaku. Setelah berhasil masuk kedalam rumah korban terduga pelaku langsung melancarkan aksinya.

“Pelaku beraksi di tiga tempat kejadian perkara, Ini yang diambil berupa laptop, HP, dan uang tunai sebesar 38 juta rupiah,”kata Kapolres.

Dalam penangkapan anggota kepolisian terpaksa menindak tegas pelaku dengan menembak di bagian kaki lantaran pelaku melarikan diri ketika hendak dilakukan penangkapan.

“Sebelumnya dua dari tiga pelaku yang kita amankan ini selain membobol rumah di dua lokasi mereka pernah melakukan pencurian sepeda motor, dan kemudian keduanya sendiri sendiri melakukan bongkar rumah. Ketiga terduga pelaku yang diamankan merupaka residivis dengan kasus yang sama,”ungkap Kapolres. [Ardiyanto]