PedomanBengkulu.com, Kaur – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kaur perkuat pelaksanaan program Gerakan Masyarakat Sadar Administrasi Kependudukan (Gisa).

Program ini bertujuan untuk merangsang masyarakat Kabupaten Kaur untuk mengurus seluruh dokumen kependudukan agar masyarakat Kabupaten Kaur memiliki satu Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang berlaku untuk semua dokumen kependudukan yang akan dimilikinya.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Kaur By Waidi MM, Minggu (18/11/2018), menyampaikan bahwa program Gisa ini tujuannya sangat baik sekali bagi masyarakat dan pemerintah.

“Dengan Program Gisa ini masyarakat akan sadar dokumen kependudukan, membantu kami dalam pemutakhiran dokumen kependudukan, seluruh urusan dan kepentingan yang hadapi menggunakan dokumen kependudukan. Ini sangat penting sekali,” ujar By.

Ia menjelaskan, masyarakat harus memiliki Kartu Keluarga, KTP-e, Akta Kelahiran, KIA, Akta Perkawinan dan apa bila anggota keluarga ada yang sudah meninggal harus ada Akta Kematian.

“Kami sangat mengharapkan sekali kepada masyarakat Kaur untuk melengkapi seluruh dokumen tersebut,” seru Waidi.

Menurutnya, saat ini semua program administrasi kependudukan telah terintegrasi.

“Sebab seluruh program kependudukan antara pusat, provinsi dan kabupaten atau kota sudah terintegrasi. Jadi, dokumen kependudukan ini wajib bagi masyarakat untuk memilikinya,” tandas By. [Feri]