PedomanBengkulu.com, Bengkulu Utara – Bupati Bengkulu Utara Ir Mian menghadiri dan membuka secara langsung kegiatan Sosialisasi Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2018 di Ruang Pola Setdakab Bengkulu Utara, Senin (3/12/2018).

Bupati Bengkulu Utara menyampaikan bahwa laporan ini akan bermanfaat bagi pemerintah pusat untuk menilai sejauh mana capaian kinerja yang dicapai oleh pemerintah kabupaten selama satu tahun serta dijadikan sebagai dasar dalam pemberian reward kepada pemerintah daerah.

Dengan kendala yang dihadapi dalam proses penyusunan LPPD berdasarkan evaluasi terhadap dokumen LPPD oleh Pemerintah Pusat di tahun-tahun sebelumnya, kegiatan sosialisasi ini merupakan kegiatan yang strategis dengan mendatangkan narasumber yang berkompeten dari Kementerian Departemen Dalam Negeri.

“Sehingga melalui kegiatan ini diharapkan Tim Penyusun LPPD Kabupaten maupun TIM Penyusun LPP di masing-masing SKPD dapat meningkatkan pengetahuan teknis dan informasi mengenai tata cara dan proses penyusunan LPPD secara detail yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas pelaporan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah Bengkulu Utara,” kata Mian.

Lanjutnya, ia menghimbau dengan kegiatan Sosialisasi ini kepada para kepala dinas, kepala badan dan camat untuk serius dalam mengawal penyusunan LPPD tahun 2018 dan berharap kepada peserta sosialisasi untuk memanfaatkan kegiatan ini secara baik dan aktif.

“Kepada peserta sosialisasi saya harapkan untuk memanfaatkan kegiatan ini dengan baik dengan mengikuti secara aktif sehingga dapat memahami secara detail teknis penyusunan LPPD yang langsung dapat dipraktekkan pada penyusunan Dokumen LPPD Tahun 2018,” jelasnya.

Drs. M. Abduh Kepala bagian pemerintahan sekretariat daerah Kabupaten Bengkulu Utara menjelaskan dasar kegiatan ini adalah amanat Undang-Undang 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah pasal 69 ayat (1) yang mengamanatkan bahwa kepala daerah wajib menyampaikan laporan penyelenggaraan pemerintah daerah.

“Kemudian selanjutnya dalam ayat (2) dinyatakan bahwa laporan penyelenggaraan pemerintah Daerah mencakup laporan kinerja instansi Daerah,” kata Abduh.

Untuk diketahui acara ini menghadirkan langsung narasumber dari Kementerian Departemen Dalam Negeri RI yakni Dra Harry Kusumah, dan dihadiri Para Camat se-Bengkulu Utara serta peserta sosialisasi terkait lainnnya. [Rls/Deni Dwi Cahya]