PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Dalam rangka memastikan kesiapan Polri beserta jajaran dan istansi terkait dalam pengamanan Hari Raya Natal 2018 dan tahun baru 2019 mendatang Kepolisian Daerah (Polda) Bengkulu menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Ops Lilin di Aula Adem Polda Bengkulu, Rabu (19/12/2018).

Rakor yang sekaligus sebagai upaya menyamakan visi, persepsi dan pola tindak tersebut mengusung tema ‘Melalui Rapat Koordinasi Bidang Operasional, Kita Sinergikan Pengamanan Natal 2018 Dan Tahun Baru 2019 Dalam Rangka Pelayanan Yang Promoter Kepada Masyarakat’.

Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Coki Manurung mengatakan, dalam operasi kemanusiaan tersebut aparat lebih mengedepankan tindakan yang sifatnya  preventif yang didukung melalui kegiatan intelejen berupa deteksi dini maupun deteksi aksi serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

“Dalam pelaksaannya Polri akan bersinergi dan berkordinasi dengan TNI maupun istansi terkait lainnya. Para personel nantinya akan ditempatkan pada pos-pos pengamanan dan pos-pos pelayanan yang dianggap rawan terjadinya gangguan kamtibmas agar kondusifitas kamtibmas tetap terjaga dan terpelihara,”kata Kapolda.

Acara rakor tersebut dihadiri, oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu, Kepala Staf Komando Resort Militer (Kasrem) 041/GAMAS, Komandan Detasemen Polisi Militer (Dan Denpom) TNI Bengkulu, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Bengkulu, Ketua Pengadilan Tinggi Bengkulu, Kabinda, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu dan FKPD Lainnya. Selain itu hadir juga stakeholder berkaitan dengan pengamanan operasi lilin antara lain Instansi terkait keamanan, transportasi, komunikasi, kebencanaan dan ketersediaan pangan Provinsi Bengkulu serta FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Provinsi Bengkulu.[Ardiyanto]