Pedomanbengkulu.com, Seluma – Awal Februari 2019 mendatang, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga akan blusukan ke tingkat SLTA sederajat yang ada di kabupaten seluma guna mencari bibit unggulan dalam paskibraka (pasukan pengibar bendera pusaka).

Nantinya dari setiap sekolah yang diseleksi akan dipilih sebanyak 36 peserta paskibraka, selain itu dalam seleksi tersebut disparpora juga menggait beberapa instansi Kepolisian, TNI, serta jurnalis.

Sebelumnya, pihak sekolah harus menyeleksi terlebih dahulu bagi tiap peserta yang memang benar-benar berkompeten, mulai dari segi kesehatan jasmani dan rohani dari masing-masing peserta.

Rijono S.Pd selaku kadis Disparpora kabupaten seluma pada Jumat siang (25/1/2019) pukul 11.00 wib mengatakan saat ini seleksi tahap sekolah dahulu.

“Nanti tahap sekolah sudah selesai baru tingkat kabupaten,” Kata Rijono.

Disamping itu, seleksi tingkat sekolah terbagi menjadi beberapa zona, mulai dari zona 4 kecamatan semidang alas maras yang dimulai pada tanggal 3 febuari, zona 3 kecamatan talo 5 febuari, zona 2 kecamatan seluma pada tanggal 9 febuari, serta zona 1 kecamatan sukaraja pada 10 Februari.

“Dari tiap zona kecamatan inilah kita akan ambil peserta yang benar-benar kompeten untuk direkrut jadi anggota paskibraka,” tambah Rijono.

Selain itu, ia berharapa kepada pihak sekolah untuk segera mempersiapkan siswanya untuk mengikuti tahap seleksi tersebut.

“Tiap sekolah harus bisa mengikuti,agar nama sekolah tersebut dapat diwakilkan dari tiap peserta.” pungkas Rijono. [Wahyu70]