PedomanBengkulu.com, Seluma –¬†Sejumlah anggota Sat Lantas Polres Seluma melaksanakan giat pemeriksaan kendaraan bermotor (Rikranmor) pada Sabtu pagi (23/2/2019) pukul 07.00 WIB di jalan lintas Bengkulu-Tais, tepatnya di depan SMAN 6 Seluma Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma.

Sementara itu, dalam pemeriksaan Rikranmor tersebut dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polres Seluma IPTU Aan Setiawan dengan sejumlah anggota Sat Lantas Polres Seluma lainnya.

“Kita lakukan Rikranmor tersebut guna menertibkan pengendara yang tidak taat aturan, seperti tidak memiliki surat kendaraan bermotor, bagi yang tidak lengkap maka akan kita tindak langsung berupa penilangan,” ungkap Kapolres Seluma AKBP I Nyoman Mertadhana melalui Kasat Lantas Polres Seluma IPTU Aan Setiawan, Sabtu (23/2/2019).

Disampaikan pula, bahwa dalam hasil penertiban Rikranmor tersebut adalah untuk mengantisipasi adanya kendaraan bodong hasil curanmor, pihaknya juga berhasil menjaring 35 jenis pelanggaran dengan berbagai rincian.

“Untuk kendaraan bermotor kita berhasil mengamankan sembilan unit, karena tidak dilengkapi dengan surat kendaraan, selain itu terdapat 23 lembar surat tanda nomor kendaraan (STNK), untuk surat izin mengemudi (SIM) sebanyak 2 lembar, sedangkan e-Tilang sebanyak 1 lembar,” tambahnya.

Selain itu pula, dengan pelaksaan giat tersebut diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan dan kejahatan curanmor yang marak terjadi dimasyarakat. Namun untuk sembilan unit kendaraan bermotor dalam keadaan kosong dibawa langsung ke Mapolsek Sukaraja.

“Untuk penilangan bisa mengikuti persidangan di Pengadilan Negeri Tais, guna pengambilan surat kendaraan, kita harapkan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi peraturan lalu lintas, walaupun ini pusat kota, mari kita sama – sama berkendara dengan baik,” pungkas Aan. [Wahyu]