PedomanBengkulu.com, Kepahiang — Kerja keras Timsus Polda Bengkulu dan Polres Kepahiang dalam mengungkap sindikat pelaku curanmor yang terjadi di wilayahnya membuahkan hasil. Baru-baru ini empat orang terduga pelaku pencurian sepeda motor (Curanmor) yang sering beraksi di wilayah Kota Bengkulu dan Kabupaten Kepahiang berhasil ditangkap petugas gabungan.

Empat pelaku tersebut antara lain BS (21) warga Kelurahan Padang Lekat, Kecamatan Kepahiang, SA (20) warga Desa Talang Tige, Kecamatan Bermani Ilir, AM (34) warga Padang Lekat, Kepahiang dan FG (23) warga Padang Lekat, Kepahiang.

Keempatnya memiliki peran masing-masing dalam aksinya, terduga BS dan SA berperan sebagai tim eksekusi di lapangan yang bertugas mengambil sepeda motor para korban. Sedangkan AM dan FG bertugas sebagai penjual sepeda motor hasil curian.

Kapolres Kepahiang AKBP Pahala Simanjuntak, S.I.K melalui Kasat Reskrim AKP Yusiady, S.IK, Selasa (5/3/2019) mengatakan penangkapan keempat pelaku ini berawal dari pengembangan pengungkapan kasus Curanmor oleh Timsus Polda Bengkulu.

“Pada hari Senin malam (4/3/2019) Timsus Polda berhasil menangkap seorang pelaku penadah sepeda motor Yamaha Vixion warna biru di Kota Bengkulu. Petugas mendapatkan keterangan dari pelaku ini bahwa sepeda motor tersebut didapatkan dari pelaku AM. Dari informasi tersebut Timsus Polda Bengkulu bekerjasama dengan Tim Opsnal Polres Kepahiang melakukan penangkapan keempatnya dalam waktu dan ditempat berbeda,” terang Kasat.

Sepeda motor Yamaha Vixion warna biru tersebut, kata Kasat, adalah milik korban Sutrisno(28) warga Desa Taba Air Pauh, Kecamatan Tebat Karai yang hilang diambil para pelaku pada awal bulan Maret 2019. Berdasarkan Laporan Polisi Nomor : LP/ B – 286 / II / 2019/Bengkulu/Kepahiang, tanggal 02 Maret 2019. Kemudian pada pukul 23.00 WIB, petugas gabungan menangkap pelaku AM dan pelaku BS dirumah AM, dimana pada saat itu pelaku BS sedang bertandang dirumah AM. Setelah berhasil menangkap MA dan BS petugas gabungan bergerak cepat dan berhasil menangkap SA dan FG disebuah Warnet yang ada di Kelurahan Pasar Ujung, Kecamatan Kepahiang, Kabupaten Kepahiang.

“Dari penangkapan keempat pelaku sindikat Curanmor ini petugas mengamankan barang bukti kejahatan diantaranya, 2 bilah senjata tajam jenis pedang, 1 unit sepeda motor jenis Honda Scoopy warna hitam abu-abu, 1 kunci Y dengan mata runcing, yang merupakan alat yang di gunakan pelaku untuk melakukan pencurian, 1 mesin gerinda warna coklat yang digunakan untuk menghapus nomor mesin dan rangka, 3 obeng dan 2 linggis panjang,” jelas Kasat.[Ardiyanto]