Pedomanbengkulu.com, Bengkulu – Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bengkulu (KPP) menggelar kegiatan bertajuk Spectaxcular 2019, Minggu (3/3), di kawasan wisata Pantai Panjang.

Mengusung tagline “Penyampaian SPT tahunan: lebih awal lebih nyaman, Bayarnya pake e-Billing Lapornya pake e-Filling”, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan dan pembayaran wajib pajak dalam rangka pencapaian penerimaan pajak tahun 2019.

Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan DJP KPP Pratama Bengkulu, Zuli Fathullah, mengatakan bahwa, Spectaxcular 2019 ini merupakan kampanye simpatik tentang e-Filling dan e-Billing.

“Kegiatan ini merupakan sarana penyebaran informasi dan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran tentang pelaporan SPT melalui e-Filling dan pembayaran melalui e-Billing,” ujar Zuli Fathullah kepada pedomanbengkulu.com, Minggu (3/3).

Lebih lanjut Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan DJP KPP Pratama Bengkulu ini menjelaskan ada empat tujuan Spectaxcular.

“Pertama, mengkampanyekan penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) melalui e-Filling dan pembayaran melalui e-Billing. Kedua, mengingatkan mengenai batas waktu penyampaian SPT Tahunan Orang Pribadi paling lambat 31 Maret 2019 dan SPT Tahunan Badan paling lambat 30 April 2019. Ketiga, menginformasikan mengenai manfaat pajak kepada masyarakat luas dan keempat, membuka pelayanan Pojok Pajak,” lanjutnya.

Menurut Zuli, Melalui Pojok Pajak masyarakat bisa mendapatkan berbagai layanan perpajakan, di antaranya aktivasi EFIN, asistensi e-Filing serta lupa EFIN.

“Penyampaian SPT secara online bisa dilakukan dimana saja tanpa harus datang ke kantor pajak melalui portal DJP dilaman https://djponline.pajak.go.id/account/login. e-Filling dapat dilakukan secara langsung di website sedangkan pengisian SPT dengan e-form dilakukan dengan men-download formulir SPT untuk kemudian diunggah (upload) dilaman portal DJP,” jelas Zuli.

Karena itu, kata Zuli, masyarakat diharapkan menyampaikan SPT Tahunan lebih awal. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kemungkinan server overload atau gangguan teknis pada jaringan internet, sehingga wajib pajak terhindar dari risiko terlambat lapor.

“Selain pada kegiatan Spectaxcular, layanan Pojok Pajak KPP Pratama Bengkulu ini rencananya juga akan tersedia di berbagai lokasi di Bengkulu hingga tanggal 31 Maret 2019. Yakni di Bencoolen Indah Mall (BIM), Mega Mall dan Pasar Panorama (depan Toko Sekotong). Jadi bagi Anda yang ingin berartisipasi pada Pojok pajak, berikut dokumen yang perlu disiapkan, 1. NPWP 2. Bukti Potong (Karyawan) 3. Rekap Penghasilan (Usahawan),” tutupnya.

Data terhimpun, selain Pojok Pajak, terdapat beberapa kegiatan dalam acara tersebut, yakni senam sehat, pembagian sarapan gratis, acara hiburan dan bagi-bagi doorprize. [Nurhas]