PedomanBengkulu.com,Bengkulu- Sampah plastik dan sampah lainnya yang dibuang sembarangan di pinggir jalan sebagian besar diproduksi dari sampah rumah tangga yang menimbulkan bau tak sedap di kawasan rumah warga Jalan Baypas Rt 10 Rw 03, Kelurahan Bentiring Permai Kota Bengkulu.

Harinan (38) Warga Jalan Baypas Rt 10 Rw 03 l, Kelurahan Bentiring Perma mengatakan bahwa sampah yang menumpuk di pinggir Jalan Baypas menimbulkan aroma yang tidak sedap apa lagi saat ada angin kencang dan musim penghujan serta melihat sampah yang selalu menumpuk setiap harinya pun merasa jijik.

“Kami merasa terganggu dengan bau sampah apa lagi kalau musim hujan banyak lalat beterbangan dan baunya busuk,” kata Harinan saat ditemui di kediamannya,¬†Senin (18/3/2019).

Pihaknya juga menjelaskan bahwa sudah sering melarang mobil yang buang sampah di tempat itu, jadi kapan melihat mobil mau buang sampah pihaknya langsung menegur mobil tersebut, jangan buang sampah di sini. Namun, pihaknya masih saja mendapati tumpukan sampah yang semakin banyak.

“Kita sudah sering negur mobil yang mau buang sampah di tempat itu, tapi tetap mereka buang, kalau gak sore ya malam, kapan kami tidak tahu, kadang sampai 3-4 mobil yang buang sampah di lokasi itu,” ungkap Harinan.

Pihaknya dan warga setempat berharap Pemerintah Kota Bengkulu bisa membersihkan sampah-sampah tersebut, karna warga merasa tidak nyaman terhadap baunya.

“Untuk Pak Wali Kota, kami berharap sampah yang ada di area tempat kami ini dibersihkan, dan kalau bisa bikin aturannya untuk sanksi yang buang sampah di tempat kami, kapan kami mau ke sawah lewat jalan itu kalau jalan kaki saja kami tidak tahan baunya,” tutur Harinan.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Bengkulu Baidari Citra Dewi melihat area tumpukan sampah di pinggir jalan dan mendengar keluhan tersebut, pihaknya berharap kepada Kepala Dinas DLH Kota bisa menyiapkan tempat sampah untuk daerah tersebut supaya sampahnya tidak terbuang keman-mana atau memberi solusi terkait permasalahan warga Jalan baypas tersebut.

“Kita berharap dengan adanya laporan masyarakat tersebut Kadis DLH Kota bisa menanggapinya dengan menyiapkan kotak sampah di tempat tersebut atau memberikan solusi lainya dengan adanya permasalahan sampah yang mencemari udara,” ucap Baidari saat ditemui di kantor DPRD Kota Bengkulu, Bentiring.

Ia juga menambahkan bahwa akan mengawasi dan  akan memanggil Kadis supaya menyiapkan tempat sampahnya.

“Kita akan awasi lebih lanjut keluhan warga ini, dan jika kita masih mendapat keluhan yang sama, kita akan panggil kadis tersebut,” pungkas Baiduri Citra Dewi.[Asep Setiawan]