PedomanBengkulu.com,Bengkulu- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu saat ini sedang menyusun rencana kebutuhan anggaran untuk Pemilihan Kepala Daerah yang sudah diagendakan dalam pemilihan tahun 2020. Hal ini disampaikan Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra saat selesai menggelar acara nonton bareng di Bioskop XXI Bencoolen Mall, Rabu (10/4/2019).

“Jadi kita saat ini sedang tahap penyusunan anggaran dan sudah kita lakukan kordinasi dengan Pemerintah Provinsi, serta nanti akan ditindaklanjuti dengan pembahasan-pembahasan teknisnya dan alhamdulillah Pemerintah Provinsi sangat mendukung dan memfasilitasi seluruh kebutuhan sebagaimana yang diatur di dalam undang-undang,” ujar Irwan Saputra.

Dijelaskan lebih lanjut, Untuk keseluruhan anggaran yang dibutuhkan pihak KPU masih dalam tahap perhitungan karena kemarin pihaknya masih dalam pertemuan awal yaitu menyamakan persepsi dan visi/misi tentang Pilkada 2020 dan belum menghitung serta menyusun anggaran kebutuhan secara detail.

“Kita saat ini sedang menyusun nanti setelah selesai penyusunan kebutuhan rencana anggaran akan kita sampaikan ke pemerintah daerah untuk dilakukan pembahasan dan saat ini masih proses penyusunan,” tambahnya.

Walaupun saat ini masih tahap penyusunan, namun pihaknya memperkirakan akan ada kenaikan anggaran dalam Pilkada kali ini.

“Kalau dulu kan tidak, jika memang nanti kita masih menunggu regulasi resminya, apakah modal plan-nya akan sama dengan pemilu legislatif artinya fasilitas kampanye termasuk iklan, alat peraga kampanye nanti akan difasilitasi dengan jumlah yang ditentukan dalam regulasi,” jelasnya.

Selain itu, ia mengungkapkan bahwa nantinya ada peningkatan pada honor penyelenggara.

“Sebelumnya, kita masih menggunakan standar biaya yang dikeluarkan di tahun 2015, dan sekarang sudah ada standar biaya kebutuhan untuk pemilihan yang dikeluarkan pada tahun 2017 lalu, untuk penyelenggaraan pemilihan kepala daerah 2018, ada kenaikan sekitar 25 persen dari tahun lalu,” pungkas Irwan. [Asep Setiawan]