PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah sampai saat ini belum menerima nama yang diusulkan Partai Politik (Parpol) untuk menjadi Wakilnya menjalankan roda Pemerintahan Provinsi Bengkulu.

“Saya sudah beberapa kali bertemu dengan pihak Parpol, untuk Wakil Gubernur selalu saya sampaikan silahkan dibicarakan, silahkan di musyawarahkan, bagaimana yang terbaik dari Partai pengusung untuk memenuhi mekanisme undang-undang. Kalau memang bisa langsung dua orang kita sampaikan ke DPRD, kalau memang lebih dari itu tentu nanti kewenangan saya untuk menentukan sebelum disampaikan ke DPRD sebanyak dua orang. Siapa tau di antara partai politik itu disepakati satu selesai kan,” ujar Rohidin, saat di temui di Balai Semarak Bengkulu, Jumat (10/5/2019).

Sementara itu, isu yang berkembang saat ini salah satu kandidat yang diusulkan adalah Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hanura Muslihan. Menanggapi hal tersebut Rohidin mengatakan, sampai saat ini belum ada dari pihak Parpol yang menyampaikan secara langsung ataupun lisan nama untuk menjadi Wakilnya. Sementara, kriteria Wakil Gubernur yang diinginkan Rohidin adalah yang bisa bersinergi, mempunyai niat yang kuat untuk membangun Bengkulu dan bisa mewujudkan visi misi.

“Misalnya calon yang diusulkan empat saya akan mendengarkan aspirasi dari masyarakat, minta masukan dari publik, dan semua unsur, kita dengarkan siapa yang dikehendaki masyarakat, di samping kita lihan track record,” jelas Rohidin.

Sementara, Sambung Rohidin, untuk pembatasan waktu 15 hari pengusulan nama yang tercantum di surat yang dilayangkan DPRD, Rohidin menerangkan batasan waktu tersebut akan berlaku apabila sudah ada nama calon yang diterimanya namun belum ia sampaikan ke DPRD.

“Kalau nama itu sudah ada dengan saya namun tidak saya sampaikan ke DPRD baru ada batasan waktu itu. Sampai sekarang kan saya belum menerima, mestinya surat itu ke Partai pengusung belum ke saya, kecuali nama itu sudah di saya tidak saya sampaikan ke DPRD selama 15 hari baru saya di tegur,” ungkap Rohidin.

Rohidin menegaskan pemilihan wakilnya nanti tidak ada berdasarkan suku yang jelas orang asli Bengkulu.

“Asli orang Bengkulu,” tandas Rohidin.[Ardiyanto]