PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Kinerja
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu patut di apresiasi. Pasalnya,
Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara, Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 Tingkat Provinsi Bengkulu yang digelar KPU di Hotel Santika Kota Bengkulu, Rabu (8/4/2019) berlangsung dengan aman, lancar, serta kondusif.

Asisten I Setda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri, menegaskan KPU sudah bekerja secara profesional sesuai mekanisme, dan hal tersebut patut diapresiasi. Hamka juga berharap Pleno tingkat Provinsi KPU dapat berjalan lancar.

“KPU telah menjalankan proses pemilu serentak 2019 sesuai mekanisme, Pleno hari ini mudah-mudahan berjalan lancar hingga akhir,” ujar Hamka.

Sebelumnya, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah beberapa waktu lalu menegaskan, TNI dan Polri serta ASN Bengkulu bersikap netral dan berkomitmen menjaga sikap tersebut termasuk penyelenggar dan Rohidin percaya KPU dan Bawaslu akan bekerja profesional. Tahapan Pemilu bisa diawasi, kalaupun ada kekeliruan, ada mekanisme untuk mengkoreksinya. Ia jamin penyelenggara akan profesional dan berintegritas.

Sementara, Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra, menjelaskan Pleno tersebut diselenggarakan secara terbuka untuk umum, dan akan membacakan seluruh hasil rekapitulasi penghitungan suara hasil Pleno tingkat Kabupaten/Kota.

“Pleno KPU tingkat Provinsi ini dilakukan secara terbuka untuk umum, KPU telah menyediakan layar besar di depan untuk masyarakat yang ingin melihat langsung proses pleno ini berlangsung,” jelas Irwan.

Ditambahkan Irwan, saat proses rekapitulasi hasil pemilu berlangsung, di Kabupaten Rejang Lebong terdapat beberapa kekeliruan, namun hal tersebut sudah diklarifikasi dan tidak merubah hasil.

“Ada yang keliru pada data pemilih, sebab pada tingkat PPS, PPK, hingga Kabupaten/Kota proses penghitungan terfokus pada perolehan suara sehingga data statistik jumlah pemilih terlewatkan. Pada tahap ini, KPU kembali koreksi dan sinkronkan hasil rekapan, namun jika ada koreksi tidak mempengaruhi hasil suara,” ungkap Irwan.

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Umum Tahun 2019 Tingkat Provinsi Bengkulu tersebut dihadiri unsur OPD dan FKPD Provinsi Bengkulu.[Ardiyanto]