PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Dalam rangkaian kegiatan memeriahkan Hari Bhayangkara Republik Indonesia ke-73, di gelar Kontes Robot Bengkulu (KROB) di Bencoolen Mall Kota Bengkulu, Sabtu (27/7/5019).

Para peserta kontes robot ini dari berbagai pelajar mulai dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA/SMK, para pelajar tersebut memperebutkan piala dari Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Drs Supratman MH.

Untuk tingkat SMA/SMK juara umum diraih oleh SMAN 5 Kota Bengkulu, siswa/siswi tersebut berhasil menciptakan alat kontrol otomatis Rumah Hidroponik.

Salah satu tim dari SMAN 5 Kota Bengkulu Livia mengatakan alat ini diciptakan terinpirasi dari tanaman hidroponik yang ada di sekitar sekolahnya.

“Indonesia ini merupakan negara agraris dan kebetulan di sekitar sekolah kami ada tanaman hidroponik, terinspirasi dari situlah kami mencoba merancang alat pendeteksi ini jadi ketika air yang tersedia  habis maka alarm akan berbunyi secara otomatis,” kata Livia saat memaparkan hasil rancangan bersama teman-temannya.

Ketua Robotic Organizing Committee (ROCI) Bengkulu  AKBP Prianggodo Heru Kunprasetyo, S.Ik mengatakan berharap kegiatan ini dapat berlanjut kembali dengan menciptakan para pelajar yang berwawasan teknologi robotika cerdas.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menciptakan para pelajar yang berwawasan teknologi yang cerdas serta mampu membawa Provinsi Bengkulu di kancah Internasional nantinya,” Kata Prianggodo Heru Kunprasetyo.

Dalam pembagian hadiah kepada pemenang lomba, dihadiri oleh Asisten lll Administrasi Umum Pemerintah Provinsi Bengkulu Gotri Suyanto dan Wakil Walikota Kota Bengkulu Dedi Wahyudi yang secara simbolis menyerahkan Piala. [Yusuf]