PedomanBengkulu.com, Seluma – Pelaksana tugas Dinas Sosial Kabupaten Seluma, Titik Sumila mengatakan, bantuan Beras Sejahtera (Rastra) mulai september tahun ini diganti dengan program Bantuan Sosial Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

BPNT sendiri merupakan bantuan yang diberikan kepada masyarakat tidak mampu dan terdaftar dalam basis data terpadu (BDT) Kementerian Sosial (Kemensos) bekerjasama dengan bank penyalur. Sistem Pembayaran dengan Electronic Data Capture (EDC).

“Rastra tidak ada lagi, diganti dengan program BPNT, yang pembayarannya menggunakan kartu EDC melalui bank penyalur,” kata Titik kepada wartawan, Senin (26/8/2019).

Disampaikannya, penyaluran BPNT ini berbentuk kartu dengan menggunakan EDC melalui E-warong yang sudah disiapkan sebanyak 67 wilayah. Data BDT Seluma saat ini 16366 sama dengan data penerima rastra sebelumnya.

“Kalau di Seluma bank penyalur kita yakni, bank BRI. Mengingat BRI jangkauan jaringannya lebih luas, sedangkan untuk penyalurannya melalui E-Warong. Satu E-Warong melayani berdasarkan jumlah perKPM 250 sampai 300 KPM,” jelas Titik.

Ditambahkannya, data BDT yang langsung dikirim oleh Kementrian Sosial langsung ke Bank BRI, setelah itu baru bank BRI mencetak kartu dengan waktu selama 60 hari kerja sudah selesai di cetak. Untuk satu peserta BPNT itu mendapatkan Rp 110 ribu Keluarga Penerima Memfaat (PKM). Namun bukan uang cest melainkan berbentuk Beras dan Telor yang di diambil melalui E-Warong.

“Pembagian bantuan nanti itu di E-Warong yang sudah disediakan tidak boleh di tempat lain, dengan menggunakan kartu BPNT ke mesin EDC,” jelas Titik.

Sedangkan untuk provinsi bengkulu suplai beras langsung dari bulog, yang di drop ke e-warung yang sudah disiapkan untuk melayani KPM dan pembayaran di BRI melalui kartu EDC yang sudah disipakan di setiap E-warong.

“Dinsos sediri dalam hala ini hanya pengawasan, pemantauan dan evaluasi. Dalam waktu dekat ini kami akan mengadakan pertemuan dengan BRI dan Bulog untuk melakukan pembahasan tahapan selanjutnya,”imbuh Titik.[YD]