Sekretariat DPRD Lebong

Pedomanbengkulu.com, Lebong – Berdasarkan hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 di Kabupaten Lebong. Tercatat sebanyak 60 persen didominasi oleh wajah-wajah baru, yang akan berkantor di gedung DPRD Lebong untuk 5 tahun kedepan. Persentase tersebut berdasarkan jumlah 25 Anggota DPRD Lebong untuk periode 2019-2024. Sebanyak 15 orang diantaranya merupakan wajah baru dan sisanya 10 orang merupakan anggota DPRD Lebong terpilih kembali.

Adapun 15 wajah baru yang bakal mengantor di gedung parlemen Lebong untuk 5 tahun kedepan tersebut, dari daerah pemilihan (Dapil) 1 ada 6 orang meliputi, Carles Ronsen dan Desi Fitria dari PAN. Kemudian Dedi Hariyanto dari Partai NasDem, Waazrim Karim dari Partai Hanura, Sriwijaya Partai Gerindra dan Pipit Irianto dari Partai Perindo.

Kemudian untuk Dapil II ada 5 wajah baru meliputi, Ronald Reagen dari PKB, Pip Haryono dari PAN, Rodi Hartono dari Partai Perindo, Rinto Putra Cahyo dari Partai Demokrat dan Rama Chandra dari Partai Gerindra.

Selanjutnya untuk pendatang baru dari Dapil III ada 4 orang diantaranya, Wilyan Bachtiar dari Partai Perindo, Ansyori PAN, Piter Syahputra dari PDIP dan Alpi Haryono dari Partai NasDem.

Sedangkan untuk anggota DPRD Lebong petahana hanya tersisa 10 orang. Untuk Dapil I meliputi Teguh Raharjo EP dari Partai NasDem, Gunadi Mursalin dari PBB, Asman Mai Dolan dari Partai Demokrat, Anita Andriani dari PDIP, Ahmad Lutfi dari Partai Golkar dan Popi Ansa dari PKB.

Sedangkan Dapil II hanya ada 2 orang yakni Mahdi dari Golkar dan Fardinan Markos dari NasDem.

Sementara dari Dapil III juga ada 2 yakni Royana dari PKB dan Aswar dari Demokrat. Namun dari 25 anggota DPRD Lebong periode 2019-2024 untuk keterwakilan perempuan di DPRD Lebong menurun drastis hingga 50 persen dari jumlah pada periode sebelumnya. Jika dulu ada 6 perempuan duduk menjadi anggota DPRD Lebong, maka untuk periode 2019-2024 hanya terisi 3 orang yakni Anita Andriani, Roiyana dan Desi Fitria.

Berdasarkan jadwal yang sudah ditetapkan, anggota DPRD Lebong terpilih akan dilantik secara resmi di gedung sidang utama Sekretariat DPRD Lebong Senin (26/8/19). Seperti yang disampaikan Sekretaris DPRD Lebong, Supriono saat dikonfirmasi Pedoman Bengkulu Minggu siang (25/8/19).

“Memang jika dilihat dari nama-nama yang bakal dilantik didominasi wajah-wajah baru. Semua persiapan sudah kita siapkan dan semoga acara pelantikannya berjalan lancar,” ucap Supriono.

Sementara untuk pengisian unsur pimpinan sementara, lanjut Supriono, pihak sekretariat DPRD Lebong sudah menerima surat rekomendasi dari pengurus partai PAN dan NasDem, sebagai partai pemenang pertama dan kedua Pemilu 2019 di Kabupaten Lebong.

“Usai pelantikan maka nanti akan langsung serah terima unsur pimpinan atau Ketua dan Wakil Ketua DPRD Lebong sementara. Untuk Ketua dari PAN merekomendasikan Carles Ronsen dan wakil Ketua sementara diisi Teguh Raharjo EP dari Partai NasDem,” singkatnya.[Supriyadi]