Tampak penyerahan LHP Maturitas SKIP dari BPK kepada Bupati Lebong didampingi Ipda Inspektorat Lebong. 

PedomanBengkulu.com, Lebong – Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Bengkulu menyerahkan Laporan Hasil Penilaian (LHP) maturitas penyelenggaraan keuangan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) level III kepada Pemerintah Kabupaten Lebong.

LHP SPIP ini diserahkan Kepala BPKP Bengkulu, Gumbira Budi Purnama kepada Bupati Lebong,H Rosjonsyah S.Ip M.Si. Bersamaan dengan kegiatan Workshop Peningkatan Akuntabilitas Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah. Yang dilaksanakan di aula Graha Bina Praja Setda Lebong Senin pagi (2/9/19).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Lebong, Rosjonsyah SIP M.Si mengatakan, kegiatan yang digelar tersebut, bertujuan untuk memberikan penguatan kepada pimpinan OPD. Untuk mengimplementasikan SPIP serta meningkatkan kapabilitas APIP dalam penyelenggaraan pemerintah daerah.

“Maturitas SPIP Bertujuan untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan daerah yang efektif dan efisien, dengan sistem terintegrasi seluruh pimpinan dan stakeholder,” kata Rosjonsyah.

Kemudian dirinya juga minta seluruh OPD untuk tidak terlalu puas diri dengan pencapaian tersebut level III. Namun atas pencapaian saat ini sebaiknya dipertahankan dan kedepannya Maturitas SPIP Lebong bisa meningkat ke level IV hingga V.

“Pastinya jangan berpuas diri tapi diperlukan kerjasama dan kerja keras seluruh OPD di Lebong untuk meningkatkan ke level berikutnya. Paling tidak juga harus bisa mempertahankan kinerja dan apa yang sudah diraih saat ini,” tukas Rosjonsyah.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu, Gumbira Budi Purnama menambahkan, Maturitas SPIP Lebong berada di level III. Bahkan saat ini, Kabupaten Lebong merupakan Pemkab Satu-satunya di Provinsi Bengkulu yang sudah mencapai Maturitas level III.

“Se Provinsi Bengkulu, baru Pemkab Lebong yang meraih penilaian Maturitasnya sudah level III,” ucapnya.

Dilain pihak, Inspektur Daerah (Ipda) Inspektorat Kabupaten Lebong, Jauhari Chandra SP MM menyampaikan terima kasih kepada pihak BPKP Perwakilan Bengkulu, yang telah banyak membimbing dan mensupervisi Pemerintah Lebong sehingga bisa meraih Maturitas SPIP Level III.

“Sesuai pesan Pak Bupati, kita harus menyadari beberapa tahun belakangan ini semua OPD di bawah koordinasi Sekda, selalu serius menyiapkan setiap laporan yang diminta oleh BPK, BPKP, Kemendagri, Kemenpan RB. Untuk itu, selayaknya pencapaian Maturitas SPIP Level III ini menjadi semangat dalam melayani dan menjalankan program untuk masyarakat,” tukasnya. [Supriyadi]